Wednesday, June 19, 2024

Inovasi Penganan Enak dan Bernutrisi dari Umbi Ganyong dan Daun Kelor

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Umbi ganyong dan daun kelor memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak.  Wiji Sri Kusumaningsih berinisiatif menciptakan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). MPASI kreasi Sri berbahan baku tepung ganyong dan ekstrak daun kelor.

“Pilih ganyong dan kelor karena tingginya kandungan zat besi (Fe) serta kalsium yang sangat dibutuhkan balita untuk tumbuh kembang. Saat pertumbuhan kita membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang,” ujar pegawai negeri sipil Puskesmas Kebumen II, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, itu.

Keunggulan lain ganyong yakni gula atau kandungan kalori rendah sehingga mencegah kegemukan (obesitas). Terutama bagi anak-anak, ganyong mengatasi masalah pencernaan anak-anak akibat infeksi bakteri seperti Salmonella typhi.

“Ganyong bersifat dingin serta kerap dijadikan obat gastritis karena mengurangi populasi mikrob dalam perut,” kata Sri. Sementara daun kelor menjadi kombinasi yang sesuai karena memiliki zat fortifikan sebagai pengawet alami sehingga masa simpan produk mencapai enam bulan.

Kombinasi tepung ganyong dan daun kelor ia olah menjadi makanan ringan berbentuk mi dan kukis. Agar komposisi gizi lengkap, ia tak lupa menambahkan protein hewani sebagai tambahan bahan baku.

“Untuk mi saya tambahkan ikan kembung sebagai sumber protein hewani. Sementara kukis saya tambahkan keju,” ujar wanita berusia 37 tahun itu. Ia menguji khasiat hasil inovasi itu kepada 20 anak yang mengalami tengkes (stunting) di desa binaan puskesmas.

Anak-anak mendapat 30 gram mi sebanyak 2 kali dan 10 gram kukis sebanyak 2 kali sehari. Hasil penelitian Sri menunjukkan bahwa setengah dari sampel anak-anak itu mengalami peningkatan bobot badan 1—3 ons per bulan.

“Orang tua mereka bilang suka produk itu karena nafsu makan anak bertambah. Anak juga lebih aktif,”  ujar wanita yang meraih penghargaan dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik itu.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img