Saturday, June 22, 2024

Potensi Bahan Alami Alternatif Hormon Sintetis Jantanisasi Cupang

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Harga cupang jantan lebih mahal dibandingkan dengan cupang betina. Sosok cupang jantan amat elok, berwarna menarik, bertubuh ramping, bersirip panjang, dan agresif.  Salah satu cara meningkatkan jumlah populasi ikan jantan dengan pengarahan jenis kelamin (sex reversal).

Dr. Eni Kusrini, S.Si., M.Si., peneliti bidang genetika dan pemuliaan di Balai Riset Budidaya Ikan Hias menuturkan  terdapat berbagai bahan yang dapat digunakan untuk maskulinisasi, mulai dari hormon sintetis maupun alami dan enzim untuk mengarahkan kelamin ke arah jantan.

Teknik pemberian pada ikan cupang pun beragam, antara lain perendaman embrio, perendaman larva, dan pemberian secara oral. Teknik pengarahan jenis kelamin untuk memperoleh monosex jantan (maskulinisasi) sudah banyak dilakukan dengan cara penggunaan hormon 17α-metiltestosteron.

Eni menuturkan penggunaan hormon metiltestosteron mulai dibatasi karena diduga dapat mencemari lingkungan. Harganya pun mahal dan sulit diperoleh. Oleh karena itu, penggunaan hormon itu dilarang dan tidak dijual bebas.

Penggunaan hormon dan enzim sulit dan mahal bagi pembudidaya cupang. Berikut bahan alternatif penggantikan hormon sintetis itu di antaranya ekstrak ginseng Panax ginseng, daun purwoceng Pimpinella pruatjan, teripang pasir, ekstrak lada Piper nigrum, dan madu.

Lebih lanjut Eni menuturkan jantanisasi atau maskulinisasi merupakan teknik yang dilakukkan untuk mengarahkan kelamin ke arah jantan. Bahan alami yang dapat digunakan untuk maskulinisasi mengandung senyawa seperti steroid, flavonoid chrysin, serta mineral.

Metode jantanisasi terdiri atas tiga cara Pertama melalui pemberian pakan dengan dicampurkan pada pakan alami maupun pakan buatan. Kedua melalui perendaman embrio atau larva. Ketiga melalui penyuntikkan atau implan.

“Namun, metode penyuntikan sulit dilakukan untuk ikan cupang, karena berukuran kecil,” ujar Eni.

Keberhasilan teknik seks reversal dipengeruhi oleh dosis bahan yang digunakan, metode pemberian bahan, waktu atau lama perlakuan, jenis ikan, dan suhu air selama perlakuan. Baca juga Tahap Jantanisasi Cupang.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img