Thursday, February 29, 2024

Jelang Tahun Baru Kementan Pastikan Pasokan Cabai Melimpah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) bersama tim Komisi IV DPR RI melakukan pemantauan ketersediaan aneka cabai dan sayuran di Pasar Badung, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Menurut Prihasto Setyanto, Direktur Jenderal Hortikultura, pemantauan itu dilakukan untuk menjaminan kepastian ketersediaan pasokan menjelang Tahun Baru 2023.

“Kami menjamin ketersediaan dan pasokan aneka cabai dan berbagai sayuran di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini hasil pantauan, kami menyatakan aman,” kata Prihasto, dilansir dari laman Direktorat Jenderal Hortikultura.

Saat ini, kata Prihasto, harga aneka cabai di tingkat eceran masih sangat stabil di kisaran Rp30 ribu–Rp35 ribu. Sementara itu, perkiraan luas panen untuk cabai rawit di sepanjang Desember 2022 mencapai 12–14 ribu hektare.

Prihasto menyebut, Indonesia merupakan negeri yang bergelimang berkah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya curah hujan yang merata sepanjang tahun. Khususnya, untuk dataran tinggi di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat yang membuat produksi aneka cabai selalu tersedia keberlanjutan panennya.

Meskipun begitu, Prihasto menggarisbawahi, rentang November hingga Desember adalah periode yang perlu diantisipasi dikarenakan curah hujan cukup ekstrem dan tinggi. Kondisi ini menyebabkan kemampuan petik petani tidak maksimal dan ketahanan aneka cabai sedikit mudah rusak.

Adapun Tunov Mondro Atmojo, Ketua Asosiasi Cabai Indonesia, turut mendukung penuh ketersediaan cabai jelang Tahun Baru. Menurutnya, petani cabai di Pulau Jawa pada umumnya panen sangat melimpah, utamanya di dataran tinggi dan sepanjang pantai selatan Jawa Tengah. 

“Prediksi kami andai pun ada kenaikan harga tidak mencapai 10% dari harga normal di pasaran. Saat ini ditingkat petani harga berada pada kisaran Rp27 ribu–Rp29 ribu per kg untuk pada jenis cabai ORI 212 super,” papar Tunov.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img