Friday, December 2, 2022

Jernih Selama 5 Tahun

Rekomendasi

Aquarama Singapura 2007 memunculkan produk baru untuk mengatasi masalah itu. Sebuah filter canggih dapat mempertahankan kejernihan air sampai 5 tahun.

 

Itulah produk pertama di dunia yang sanggup menjaga keseimbangan habitat di akuarium dalam waktu lama. Adam Leong, distributornya di Malaysia yakin, semakin lama dipakai, maka tercipta habitat yang stabil. Filter canggih dari Taiwan itu bisa dipakai di akuarium air tawar dan laut. Produk yang sudah mengantongi sertifikat dari European Community itu dipakai Taiwan, China, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat.

Filter perlu dirangkai dahulu sebelum bekerja. Tahap awal, 2 buah tabung berbentuk seperenam lingkaran dimasukkan. Tabung terbuat dari bahan plastik dengan ketinggian berbeda, 30 cm dan 40 cm. Tabung 30 cm digunakan untuk akuarium setinggi 35-50 cm. Yang berketinggian 40 cm cocok untuk akuarium setinggi lebih dari 50 cm.

Papan alas

Air masuk ke dalam tabung melalui puluhan lubang yang berjejer di bagian tabung. Masing-masing lubang berukuran lebih kurang 0,5 cm. Air disaring oleh filter yang terdapat di bagian dalam tabung. Setelah bersih ia keluar melalui bagian bawah tabung. Di sana terdapat 3 buah pipa plastik bening masing-masing berukuran 24 cm, 16 cm, dan 12 cm. Menurut Adam Leong, perbedaan ukuran pipa untuk memudahkan penempatan saja. Jadi, tabung dan pipa bisa ditempatkan di pojok atau tengah akuarium.

Usai kedua tabung terangkai, letakkan di pojok belakang akuarium. Setelah terpasang rapi, papan alas di atas pipa dapat diletakkan. Papan segiempat yang terbuat dari plastik putih dengan lubang di seluruh permukaan itu berperan penting. Ia berfungsi sebagai bacterial incubation bed (tempat berkembang biak bakteri red).

Pasir ditaburkan sampai ketebalan 4 cm di atas papan. Pasir yang digunakan berdiameter 0,8-1,2 mm. Pada akuarium dengan filter konvensional, pasir itu akan menjadi tempat berkumpulnya kotoran yang tidak tersaring filter. Hal inilah yang menyebabkan air menjadi keruh dan berbau. Pada alat ini, papan alas alias bottom plank bisa membantu melancarkan ‘pembersihan’ kotoran, sehingga tidak mengendap dalam pasir.

Clean magic

Langkah selanjutnya memasukkan air. Saat itu produk pelengkap bisa dipakai. Clean Magic ditaruh dalam filter. Clean Magic terbuat dari arang aktif, zeolite, dan kapur. Fungsinya menyerap kotoran dan menjernihkan air. Hasilnya, selain jernih, pH air lebih stabil. Bahan pembuat Clean Magic dicampur menjadi satu dalam kantong kain kassa sebelum dimasukkan dalam filter. Satu filter cukup diisi satu kantong.

Selanjutnya filter dinyalakan agar sirkulasi air berjalan. Satu jam kemudian diberikan 5-15 tetes Vita Magic V60. Senyawa cair itu terdiri dari campuran herbal, vitamin, dan mineral penting bagi ikan. ‘Ia berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh ikan. Selain itu bisa mengurangi stres akibat pemasangan alat atau pergantian air,’ ujar Adam.

Setelah penambahan Vita Magic V60, air didiamkan selama 3 hari. Setelah itu, beragam tanaman air dan ikan dimasukkan. Seminggu kemudian, produk penunjang lain digunakan. Satu sampai tiga kapsul Bio Magic W69 dimasukkan dalam filter. Produk yang terbuat dari campuran berbagai bakteri, unsur makro, dan enzim itu berfungsi untuk menguraikan kotoran dan menambah unsur makro air.

Penting ganti air

Menurut Kosim Karman, manajer bisnis PT Buana Biru, di Kebunjeruk, Jakarta Barat, kunci memelihara ikan di akuarium adalah penggantian air. ‘Mengganti air itu sangat penting,’ ujar Kosim. Setiap hari ada sisa-sisa kotoran dan lendir ikan yang bila dibiarkan bisa menjadi racun. Diskus misalnya. Jika tidak dilakukan penggantian air secara rutin, ia rentan terserang penyakit yang berujung pada kematian. Menurut Kosim sistem filter ada batasnya karena itu penggantian air harus rutin. ‘Jangan disamakan dengan habitat aslinya, di sana air berlimpah, jadi ikan tidak akan keracunan,’ katanya.

Namun, Adam Leong mempunyai pendapat lain. Menurutnya kondisi seperti habitat alami bisa diciptakan melalui 2 proses: filtrasi mekanik, dan filtrasi biologi. Kotoran yang berukuran besar akan disaring oleh filtrasi mekanik. Filtrasi biologi akan mengubah senyawa beracun menjadi nitrat yang tidak berbahaya. Nitrat yang terkumpul berperan untuk menjaga kesehatan ikan dan stabilitas habitat akuarium.

Filter Taiwan bernama Hi-Q Eco Magic itu menggabungkan cara kerja filter mekanik dan filter biologi. Inilah kelebihannya dibandingkan filter konvensional. Apalagi dengan penambahan nitrobacter yang terdapat dalam Bio Magic W60 membuat bakteri pengurai bertambah banyak. ‘Akuarium pun seperti ekosistem di sungai, bisa ‘membersihkan diri sendiri,’ tambah Adam. Air dalam akuarium pun tetap jernih, tidak keruh atau berbau. Jadi, selamat tinggal ganti air! (Lani Marliani)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img