Wednesday, September 28, 2022

Juri Kontes Nasional Berikan Kunci Utama agar Sansevieria Juara

Rekomendasi

Trubus.id — Bagi pehobi tanaman hias sansevieria perlu memperhatikan apa saja yang menjadi penilaian juri. Dengan mengetahui poin penilaian juri, pehobi bisa mempersiapkan tanaman sansevieria kepunyaannya untuk memenangkan gelar kejuaraan pada saat kontes sansevieria.

Berikut ini, poin penting yang umum dijadikan penilaian juri saat kontes.

Keserasian

Sentot Pramono, Juri Kontes Nasional Sansevieria, mengatakan, keserasian merupakan salah satu poin penilaian juri. Juri akan menilai performance tanaman secara keseluruhan, dari keserasian daun, mulai dari bentuk hingga warna daun.

Kesehatan tanaman

Aspek lain penilaian adalah kesehatan tanaman sansevieria. Sansevieria penyakitnya banyak, ada kutu putih, belalang, itu yang harus dihindari. Juri akan memberi penilaian yang kurang untuk tanaman yang cacat. Meskipun tanaman hanya cacat satu titik, jika lawannya lebih sempurna, tetap tanaman yang cacat akan kalah.

“Kesehatan tanaman sansevieria bisa dilihat dari daunnya. Daun yang sehat dan tidak sehat itu beda. Warna daunnya akan beda,” kata Sentot saat ditemui Trubus usai Kontes Nasional Sansevieria, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/09).

Langka

Kelangkaan jenis sansevieria juga menjadi poin penilaian juri. Walaupun tanamannya kecil tetapi jenisnya langka, ia bisa menjadi pemenang. Itu biasanya hasil dari penyilangan, bentuk aneh atau tidak lazim terkadang membuat tanaman menjadi langka.

Lebih lanjut, Sentot Pramono menyarankan kepada pehobi untuk mengoptimalkan perawatan. Jika ingin menghasilkan sansevieria kualitas kontes, pemeliharaan tanaman harus sejak kecil. Apalagi untuk pemula, harus memperhatikan tanaman setiap hari karena pertumbuhan daun itu berbeda-beda. Saat musim hujan daunnya cenderung lebih besar, saat musim panas akan beda lagi.

“Jika tahapan daunnya itu tidak seimbang, lebih baik tidak usah diteruskan, percuma tidak akan menang,” tuturnya.

Perawatan lain yang perlu diperhatikan pehobi adalah saat pemindahan tanaman dari pot kecil ke pot besar. Biasanya, pertumbuhan daun akan lebih cepat sehingga membuat pertumbuhan daun antara satu dan lainnya tidak seimbang. Hal ini karena tanaman terlalu subur.

Khusus variegata, belang warna daun juga harus stabil. Kerap kali warna belang daun berubah-ubah, kadang dominan kuning, kadang dominan hijau. Hal itu membuat karakter tanaman yang tidak jelas sehingga sulit untuk menang kontes. Berbeda, jika dari kecil sudah stabil karakternya, itu bisa berpotensi untuk jadi juara.

Secara keseluruhan, kunci utama agar tanaman hias sansevieria menang kontes adalah dari perawatan yang baik. Juri menilai performance tanaman secara keseluruhan.

Sentot Pramono menuturkan, sansevieria yang berharga mahal belum tentu bisa menang saat kontes. Sebaliknya, meskipun harga sansevieria murah misal Rp50 ribu, kalau performance bagus bisa jadi pemenang.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img