Wednesday, September 28, 2022

Ragam Obat Herbal untuk Sembuhkan Penyakit Asma

Rekomendasi

Trubus.id — Di Indonesia banyak tumbuh tanaman herbal lokal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat asma. Misalnya, daun meniran, daun sambiloto. Berikut ini ragam obat herbal untuk sembuhkan asma.

Daun sambiloto

Mengonsumsi daun sambiloto Andrographis paniculata, dipercaya bisa mengobati penyakit asma. Caranya, seduh 0,5 gram daun sambiloto kering dengan segelas air panas. Minum seduhan tersebut saat asma terasa kambuh.

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam herbal itu dapat meningkatkan sistem imun tubuh alias sebagai imunomodulator.

Santan kelapa

Seseorang yang mengidap penyakit asma dianjurkan untuk mengonsumsi santan kelapa setiap hari. Mengonsumsi santan kelapa dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi, bagi penderita asma yang mengalami alergi dingin.

Santan kaya energi dan meningkatkan suhu tubuh sehingga membantu meredakan dingin. Asam laurat tinggi dalam santan melancarkan metabolisme tubuh dan menjauhkan beragam penyakit.

Santan bisa dikonsumsi mentah, bisa juga dalam masakan seperti sayur lodeh. Sebaiknya, penderita asma juga menjalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga di tempat terbuka yang udaranya masih bersih.

Kunyit dan temulawak

Pilihan herbal lain yang bisa membantu menyembuhkan asma antara lain kunyit Curcuma domestica, temulawak C. xanthorrizha, kencur Kaempferia galanga, adas Foeniculum vulgare, atau jintan hitam Nigella sativa. Mengonsumsi aneka herbal itu bisa meredam hipersensitivitas reseptor terhadap alergen.

Beras merah-hitam

Mengonsumsi beras merah-hitam dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh penderita asma. Hal itu karena dalam beras merah-hitam terdapat kandungan mineral dan vitamin yang tinggi sehingga membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat badan lebih sehat.

Kandungan karbohidrat beras hitam dan merah lebih rendah dibanding beras putih sehingga membantu meredakan kepekaan seseorang terhadap alergen. Pasalnya, karbohidrat berlebih dapat memicu hipersensitivitas reseptor terhadap alergen. Itulah sebabnya konsumsi rutin beras merah dan hitam bisa membantu seseorang mengatasi asma.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Radio Kayu dan Sepeda Bambu Kreasi Alumni ITB

Trubus.id — Singgih Susilo, alumni Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB 86) membuat kreasi unik berbahan dasar kayu dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img