Saturday, April 13, 2024

Keistimewaan Burung Hantu Ada pada Mata dan Telinga

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Burung hantu Tyto alba memiliki keistimewaan dibanding burung lainnya. Salah satu keistimewaan burung hantu terletak pada mata dan telinga.

Bola mata burung hantu menghadap ke depan, seperti mata manusia. Satu-satunya burung yang matanya menghadap ke depan adalah burung hantu. Umumnya, mata burung lain terdapat di sisi kepalanya.

Bola mata burung hantu memenuhi hampir separuh tengkorak. Pada manusia, mata itu besarnya dari dahi sampai ujung hidung. Nah, mata yang mengarah ke depan itu memungkinkan pencitraan objek secara tiga dimensi.

Mata burung hantu tak dapat bergerak. Sebagai gantinya, burung hantu mampu memutar kepala 270°, tanpa harus menggerakkan tubuh. Retina atau sensor penangkap cahaya, penuh sel batang yang sensitif cahaya lemah.

Susunan retina itu memungkinkan burung hantu melihat objek lebih jelas dalam kondisi gelap. Namun, pencitraan yang terbentuk jauh dari sempurna—tanpa warna, kabur, dan tanpa kedalaman.

Konsekuensinya, burung hantu tidak bisa mengenali perbedaan warna. Bandingkan dengan mata manusia, sel kerucut mendominasi sehingga mampu mendeteksi berbagai warna. Burung anggota famili Tytonidae itu mesti menggabungkan citra samar yang tampak dengan suara yang terdengar.

Itu bukan perkara sulit karena tikus cenderung “cerewet” saat bergerak sehingga burung hantu mudah mengincar. Tikus merupakan pakan burung hantu. Setelah mendengar dan melihat, burung hantu menganalisis jarak, memprediksi arah gerakan mangsa, baru menyergap.

Yang pertama kali berperan sebenarnya telinga. Telinga burung hantu tidak sejajar seperti telinga manusia, sudutnya pun berbeda. Itu memungkinkan burung hantu cepat dan tepat menilai arah, jarak, dan gerakan sumber suara.

Perlengkapan lain yang tak kalah penting adalah bulu halus seperti beludru yang berfungsi sebagai peredam suara di sayap dan kaki. Maklum, burung hantu tidak seperti elang yang mengandalkan kecepatan dari manuver menukik.

Begitu melihat sasaran, burung hantu melesat dalam senyap, lalu diam-diam menyergap mangsa sebelum korban menyadari kehadiran sang celepuk.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img