Tuesday, July 23, 2024

Kementan Dorong Pengembangan Kelapa Sawit Menjadi Bahan Bakar Minyak

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Kementerian Pertanian mendorong pengembangan produk turunan dari kelapa sawit. Kelapa sawit disebut bisa dijadikan sebagai bahan pengganti minyak kendaraan bahan bakar minyak (BBM) berbiaya rendah namun dengan kualitas tinggi.

“Bukankah solar yang selama ini kita ambil dan gali dari bawah tanah bisa diganti dengan sawit, solar kalau dipakai dari sawit bedanya dengan solar yang sekarang 4.000 rupiah,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dilansir dari laman Kementrian Pertanian.

Meski begitu, Mentan Syahrul menilai  masih banyak tantangan dan persoalan yang dihadapi produsen sawit dalam mengembangkan kelapa sawit menjadi BBM.

“Kalau cari salahnya dan kurangnya pasti banyak, tantangan pertanian itu nggak bisa dipikir dengan ilmu, pertanian itu sesuatu yang sangat kompleks dan bercabang-cabang. Tidak ada yang bisa langsung sukses, semua mesti ada proses dan ada tantangan,” ujarnya.

Mentan Syahrul menekan untuk berbagai pihak mulai memperbaiki manajemen yang terukur. Hal ini karena ia menilai pengembangan produk turunan kelapa sawit menjadi BBM menjadi salah satu sektor penting yang perlu diupayakan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Andi Nuralamsyah mengatakan bahwa saat ini jajarannya tengah fokus pada peningkatan tata kelola industri kelapa sawit serta optimalisasi penerimaan sesuai Kepres nomor 9 tahun 2023 dengan memperbaiki Ijin Usaha Perkebunan (IUP). 

“Kami juga telah mengembangkan platform digital Sistem Informasi Perizinan Perkebunan (SIPERIBUN) sebagai suatu sistem berbasis aplikasi nasional yang akan digunakan oleh Satgas Sawit melalui self reporting,” kata Andi. 

Bukan hanya itu saja, Andi juga tengah melakukan pengembangan integrasi antara program yang satu dengan lainya agar terbentuk ekosistem kelapa sawit rakyat yang terstruktur dan dapat meningkatan produktivitas kelapa sawit rakyat.

“Seperti juga program pengembangan tanaman kelapa sawit baik melalui peremajaan atau pemeliharaan tanaman kelapa sawit yang pada saatnya dapat dilanjutkan dengan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) sawit rakyat,” paparnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img