Saturday, June 22, 2024

Anjuran Menanam Beragam Jenis Durian dalam Satu Kebun

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Beberapa tahun terakhir, kian banyak pekebun yang membudidayakan durian yang terbukti bercita rasa dan bertekstur daging buah stabil. Pilihan mereka antara lain ochee dan musang king yang merupakan durian introduksi.

Sementara pilihan durian lokal antara lain bawor dan super tembaga. Durian-durian itu terbukti adaptif di berbagai wilayah. Ahli durian di Kota Bogor, Jawa Barat, Dr. Mohamad Reza Tirtawinata, M.S. mengatakan, durian merupakan buah yang sangat unik dan menarik dipelajari.

Durian memiliki sifat tidak bisa menyerbuk sendiri. Hanya beberapa jenis yang bisa menyerbuk sendiri. Itu pun peluangnya sangat kecil sekitar 5%. Durian selayaknya kawin silang supaya penyerbukan bunga sempurna.

Jadi, pekebun durian sebaiknya menanam beragam jenis durian. Namun, Reza belum bisa mematok kombinasi durian yang saklek dalam satu lahan karena perlu penelitian dan pembuktian lebih lanjut.

Pekebun bisa memilih jenis durian sesuai kebutuhan. Tujuan penanaman beragam supaya terjadi penyerbukan silang. Musababnya, bunga jantan dan betina durian tinggal di rumah berbeda.

Reza menuturkan ilmu mengetahui kombinasi jenis durian sesungguhnya bisa dipelajari dari fenomena musang king dan D24. Penanaman musang king selayaknya ada D24 supaya buah yang dihasilkan semakin banyak.

Penanaman musang king bersama monthong kurang memuaskan sebab buah yang dihasilkan agak sedikit. Pilihan lain jika pekebun menanam ochee maka sebaiknya ada bawor. Pastikan jumlah serbuk sari bawor cukup untuk memenuhi bunga betina dari ochee.

Pastikan pula bunga antara kedua jenis durian itu matang dalam waktu bersamaan. S.T. George dan rekan dalam jurnal Durian Cultivation menyebutkan menanam beberapa varietas bersama-sama membantu dalam penyerbukan silang.

Hampir semua varietas durian tidak cocok jika tumbuh sendiri dan membutuhkan penyerbukan silang dari varietas durian lain. Menurut George sebagian besar kultivar durian menunjukkan inkompatibilitas diri.

Contoh penyerbukan silang kultivar D24 menghasilkan tingkat pembentukan buah 54—60%, sedangkan penyerbukan sendiri menghasilkan kurang dari 5%. Namun, beberapa kultivar dapat menunjukkan kesuburan diri.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img