Thursday, February 29, 2024

Keunggulan Dua Avokad Asal Cilacap

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Avokad MS01 merupakan avokad unggul yang berasal dari Kelurahan Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Salah satu keunggulan avokad MS01 yakni berbobot jumbo mencapai 800 gram serta bercita rasa manis dan gurih.

Rawin Sukalmanto, penangkar avokad di Kelurahan Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, mengaku menemukan avokad itu pada Januari 2022 ketika berburu avokad enak di Cilacap.

“Buahnya unggul dari segi rasa dan ukurannya besar. Saya mencari kriteria avokad yang seperti itu,” kata Rawin.

Rawin mengatakan avokad MS01 memiliki rasa yang gurih dan manis. Selain itu, daging buahnya juga tergolong tebal hingga 3 cm. Avokad MS01 masuk kategori buah meja dan olahan. Dari segi proporsi bagian yang bisa dimakan (edible portion), avokad MS01 mencapai 85 persen. Bobot buah mencapai 801 gram dengan ketebalan kulit 1,5 mm.

Menurut Rawin, nama MS01 berasal dari singkatan nama sang pemilik pohon dan istri. Nama pemilik pohon Pak Mislam, sedangkan nama istrinya Sutirah, jadilah MS. Sementara itu, angka 01 karena di situ ada tiga pohon dan yang tengah dikembangkan yang pertama atau 01.

Selain MS01, Rawin Sukalmanto juga menemukan avokad unggul di Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap. Nama avokad itu ono, yang merupakan singkatan dari nama sang pemilik pohon yakni Bambang Kuatno.

“Avokad ono merupakan unggulan dari Cilacap karena pernah meraih juara,” kata Rawin.

Avokad ono merupakan juara pertama kategori buah avokad pada lomba yang diadakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah pada 7 Maret 2020.

Menurut Bambang Kuatno, avokad ono berumur 25–30 tahun dengan produktivitas mencapai 100–200 kilogram buah per musim. Bobot avokad itu mencapai 0,5–1 kilogram per buah.

Menurut Rawin, keunggulan avokad ono dari segi rasa dan penampilan. Penampilan avokad ono bagus. Daging buah tebal, bertekstur pulen, dan bercita rasa manis. Kriteria seperti itu membuat avokad ono layak untuk dikembangkan oleh para petani ataupun penangkar Persea americana.

Avokad ono tergolong unggul dari ukuran, bentuk, dan rasa yang istimewa. Ukurannya ideal. Bentuk cocok dan mudah dikemas. Untuk rasanya sempurna. Selain itu, biji avokad ono relatif kecil dan ketika dibelah bersih.

Dari sisi kulit buah tak terlalu tebal, tetapi lentur dan mudah dikupas. Kehadiran avokad ono dan MS01 tentu saja menjadi berkah masyarakat Cilacap karena memiliki buah unggul.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img