Wednesday, September 28, 2022

Lima Daerah Penghasil Sorgum Nasional

Rekomendasi

Trubus.id — Sorgum dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan seperti beras dan gula. Selain pangan, tanaman sorgum digunakan sebagai pakan ternak. Daun dan batang sorgum bisa dijadikan makanan sehat untuk kambing, domba, dan sapi. Wajar saja jika beberapa petani di daerah menanam sorgum. Di Indonesia terdapat lima daerah penghasil sorgum nasional. Kelima daerah itu adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, sorgum merupakan tanaman yang mempunyai potensi ekonomi yang besar. Sorgum memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, mulai dari tahan terhadap serangan hama hingga perawatannya cukup mudah.

Di Jawa Timur, kata Syahrul, sorgum sudah banyak dikembangkan seperti di Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Pacitan, Sampang, Sumenep, dan Probolinggo dengan produktivitas mencapai 2,5 ton hingga 3 ton per hektare.

Untuk itu, Syahrul menyarankan Jombang bisa turut mengambil momentum menjadi penghasil sorgum. Tujuannya, mengamankan ketahanan pangan nasional.

“Bahkan bukan hanya Jombang, wilayah lain pun harus mengamankan pangan kita,” kata Syahrul saat berpartisipasi panen Sorgum di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, seperti dikutip dari laman Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.  

Sementara itu, Suwandi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, yang turut mendampingi mengatakan, sorgum merupakan komoditas yang bagus dikembangkan ketika ancaman krisis pangan global melanda.

Menurut Suwandi, selain sebagai program untuk menunjang ketahanan pangan nasional sorgum juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Sorgum adalah tanaman yang toleran terhadap kekeringan sehingga tidak memerlukan banyak air selama pertumbuhannya. Bahkan, imbuhnya, pemanenan sorgum bisa dilakukan berulang kali yakni 3–5 kali dalam satu kali periode tanam. 

“Komoditas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari batang, daun dan akar bisa dipergunakan. Artinya, zero waste. Bijinya sebagai sumber pangan, sebagai substitusi gandum untuk berbagai produk olahan roti dan kue,” jelasnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Radio Kayu dan Sepeda Bambu Kreasi Alumni ITB

Trubus.id — Singgih Susilo, alumni Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB 86) membuat kreasi unik berbahan dasar kayu dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img