Tuesday, August 9, 2022

Ma-Muang di Luar Musim

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

‘Ini bisa terjadi karena tanaman dirangsang berbuah di luar musim,’ tutur Dr Nuengpanich Sinchaisir, ahli entomologi, yang menemani Andretha Helmina, wartawan Trubus. Di kebun Montree, nam dok mai dipanen sejak September-Desember. Buah-buah yang Trubus lihat pada kunjungan kali itu, buah akhir musim panen.

Buah kembali dipanen mulai Maret-Mei tahun berikutnya, berbarengan dengan panen raya di seluruh Thailand. Buah yang dipanen ketika itu berasal dari bunga-bunga yang muncul berbarengan dengan buah di akhir Desember.

Buah plus bunga

Supaya berbuah di luar musim raya, pohon-pohon berumur 6-7 tahun itu dirangsang menggunakan paklobutrazol. Paklobutrazol diberikan pada Juni ketika tunas baru muncul, yaitu sebulan setelah pemangkasan pascaberbuah pada Mei. Pemberiannya dengan cara disiramkan ke sekitar perakaran. Sayang, Montree enggan menyebutkan dosisnya.

Selang sebulan pohon disemprot pupuk potasium nitrat KNO3. Hasilnya, ma-muang di kebun Montree memunculkan buah dan bunga serentak. ‘Ini luar biasa,’ kata Nueng. Maklum, lazimnya saat dibuahkan di luar musim, bunga dan buah tidak pernah muncul berbarengan.

Menurut Prof Dr Roedhy Purwanto MSc, teknik pembuahan di luar musim ala Montree lazim dilakukan pekebun di tanahair. ‘Hanya saja banyak yang keliru dalam aplikasinya,’ tutur kepala Pusat Kajian Buah Tropis Institut Pertanian Bogor itu. Alih-alih disiram ke pangkal batang, paklobutrazol disiram ke daerah perakaran. ‘Jika diberikan di daerah perakaran justru banyak yang terbuang,’ imbuh Roedhy. Musababnya, paklobutrazol tak hanya diserap di ujung akar, tapi juga di akar besar dan pangkal batang.

Tidak normal

Paklobutrazol dimanfaatkan untuk merangsang pembungaan karena mampu menghambat biosintesis giberelin pada sel titik tumbuh yang berperan dalam pemanjangan dan pertumbuhan tunas. Karena pertumbuhan vegetatif terhambat, pertumbuhan generatif-dicirikan muncul bunga dan buah-lebih aktif. ‘Jadi tidak merangsang pembungaan secara langsung,’ kata Roedhy. Bunga muncul karena penumpukan karbohidrat di sekitar titik tumbuh dan terangsang muncul oleh kalium yang terkandung dalam KNO3.

Direktur Tanaman Buah Departemen Pertanian itu mewanti-wanti agar paklobutrazol hanya diaplikasikan pada tanaman yang sehat dan sudah pernah berbunga. Dosis amannya 4 g untuk pohon berumur 4 tahun. Dosis bertambah hingga 20 g pada umur 15 tahun.

Sebaiknya, paklobutrazol diaplikasikan setelah mangga selesai panen. Saran Roedhy, setelah panen segera lakukan pemangkasan disusul pemupukan NPK. Saaat tunas terakhir berwarna hijau tua, barulah zat penghambat pertumbuhan itu diaplikasikan.

Sayang, bunga yang muncul terkadang kuntet dan bergerombol rapat. Itu yang Trubus saksikan di kebun milik Montree. ‘Itu tanda bunga tak normal,’ kata Roedhy. Bunga kontet tak akan menghasilkan buah maksimal, bahkan gagal berbuah sama sekali. Untuk mencegahnya, Roedhy menyarankan 3 kali pemberian giberelin 100 ppm saat bunga baru muncul selang 2 hari sekali. Giberelin memanjangkan malai bunga sekaligus mendukung terjadinya fotosintesis.

Hormon auksin 200 ppm diberikan 3 kali setiap 2 hari agar buah yang baru terbentuk tak mudah rontok. Kerontokan biasanya karena bunga tersiram hujan. Itu yang terjadi pada kebun mangga di Chonburi, di Thailand bagian timur. Pekebun gagal membuahkan mangga di luar musim karena, ‘Di sana curah hujan tinggi dan udara terlalu lembap,’ kata Nueng. Bila kerontokan bunga disebabkan udara kering pada puncak kemarau, cukup semprot bunga dengan air kabut 2 hari sekali sampai terbentuk buah seukuran kelereng.

Istirahat

Namun, penggunaan paklobutrazol terus-menerus dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Untuk itu, Roedhy menyarankan untuk mengistirahatkan pohon yang telah diberi perlakuan selama 1-2 tahun. Baru kemudian diberi perlakuan kembali. ‘Dengan cara itu produksi tetap optimal,’ kata alumnus Kagaya University, Jepang itu.

Paklobutrazol pun meninggalkan residu dalam tanah hingga 2 tahun. Itu Roedhy buktikan dengan menanam benih mentimun di tanah yang diberi paklobutrazol. Mentimun yang tumbuh terlihat kuntet. Sebenarnya, ada bahan kimia lain yang bekerja persis paklobutrazol, tapi tak meninggalkan residu dalam tanah. ‘Namanya prohexidone Ca,’ ujarnya. Sayang, zat keluaran Amerika Serikat itu belum beredar di pasar lokal. Roedhy pun belum menguji keampuhannya dibanding paklobutrazol.

Bila pohon telanjur terhambat pertumbuhannya karena dosis berlebih, Roedhy menyarankan pemberian pupuk nitrogen dosis tinggi setelah panen. ‘Dosisnya 50% dari dosis tahunan,’ ujarnya. Saat muncul tunas baru, semprotkan giberelin pada pucuk-pucuk vegetatif. Menjelang berbunga berikan 25% dosis tahunan pupuk nitrogen. Sisanya menjelang buah seukuran bola pingpong.

Yang menarik di kebun Montree, tak hanya buah di luar musim. Ketua kelompok tani itu juga menanam rapat mangga dengan jarak 4 m x 4 m; lazimnya 4 m x 6 m. Namun, produktivitas tetap tinggi, 6 ton per pohon. Menurut Roedhy hal itu sah-sah saja sepanjang pemangkasan dilakukan intensif. Hal itu diamini Nueng, ‘Montree melakukan pemangkasan intensif,’ kata konselor masalah pertanian itu.

Harga tinggi

Buat Montree, memanen ma-muang-mangga di Thailand-di luar musim menggiurkan. Di luar musim harga nam dok mai 3 kali lipat harga saat panen raya. Kelebihan lain, Montree bisa memasok pasar ekspor secara kontinu. Pengiriman setiap minggu masing-masing sebanyak 20 ton.

Itu jelas membuat pelanggan dari Jepang, Korea, Singapura, dan negara-negara di Eropa senang. Apalagi jenis srithong yang ditanam Montree kualitas unggul. Kadar kemanisan mencapai 18obriks-seperti manisnya varietas gadung dan indramayu. Berjarak 170 km dari Bangkok, nam dok mai dipanen sepanjang tahun. (Andretha Helmina)

 

Previous articleCoba Sendiri
Next articleAgar si Belang Prima
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img