Wednesday, August 10, 2022

Media Tanam Cara Logan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
(Dok. Trubus)

Media tanam dari kulit pinus dan serat kelapa bebas penyakit tular tanah dan ekonomis.

Graeme Logan, pemilik Logan’s Nursery di
Queensland, Australia.

Trubus — “Media tanam tanah cenderung berat dan berisiko memunculkan penyakit tular tanah,” ujar Graeme Logan. Logan mengelola nurseri di Donnybrooks, negara bagian Queensland, Australia, yang memasarkan 300 tanaman hias. Ia tidak menggunakan tanah sama sekali untuk campuran media tanam. Pemilik Logan’s Nursery itu mencampurkan kulit tusam Pinus sp. dan coir―serat kelapa Cocos nucifera yang dicacah hingga berupa serbuk.

Kulit pinus melimpah di Australia, sedangkan serat kelapa didatangkan dari Srilanka. Ia menambahkan Urea, borat, dolomit, dan pengompos. Nurseri Logan menggunakan campuran itu untuk semua jenis tanaman. Kelebihan media itu memiliki banyak rongga udara sehingga akar bisa memperoleh pasokan oksigen yang cukup. Perbandingan komposisinya berbeda karena menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik tanaman.

Ekonomis

Graeme membiarkan media tanam itu menumpuk di area terbuka. Tingginya mencapai 3 m. Warna media tanam menentukan kesiapan untuk dipakai. “Warna gelap menandakan media tanam siap pakai sebab sudah sudah bercampur sempurna dengan bantuan pengompos,” kata Graeme kepada Majalah Trubus. Pengusaha tanaman hias berusia 62 tahun itu bisa saja menggunakan campuran media tanam siap pakai yang banyak beredar.

Harganya sekitar Aus$2.500 setara Rp23,5 juta per ton. Bandingkan dengan harga satu ton kulit pinus hanya Aus$200 setara Rp1,9 juta. Adapun harga serat kelapa dari Srilanka US$150―US$300 setara Rp2 juta―Rp4 juta per ton. Graeme juga memanfaatkan media tanam bekas dan tanaman apkir yang telah dihancurkan sebagai campuran. Biaya produksi media tanam lebih ekonomis karena membuat media tanam sendiri.

Pekerja tengah mengisi kantong tanam dengan
bantuan mesin. (Dok. Trubus)

Pekerja Nurseri Logan tak repot ketika pindah tanam. Mereka terbantu dengan mesin pengisi media tanam. Secara umum potting machine itu terdiri atas tiga bagian utama, yakni kontainer, ban berjalan, dan pedal. Kontainer menampung campuran media tanam sesuai jenis tanaman yang akan ditanam. Lalu media tanam bergerak di atas ban berjalan hingga ke ujung. Pedal sebagai kendali pekerja untuk menggerakkan ban berjalan.

Pekerja hanya perlu menyiapkan pot atau kantong tanam, memadatkannya, dan meletakkan tanaman. Kecepatan mesin bergantung pada jenis tanaman dan ukuran pot. Selain laju produksi lebih cepat, Graeme bisa mengemas tanamannya secara seragam dalam kantong tanam. Logan’s Nursery terletak di dua lokasi yakni Brisbane dan Brookfield, Queensland, Australia. Nurseri di Capalaba luasnya dua hektare dengan 21 pekerja. Sementara itu, nurseri Brookfield luasnya lebih dari 300 hektare dengan 54 pekerja.

Nurseri yang sudah berdiri 35 tahun lalu itu fokus menyediakan bibit tanaman lanskap untuk berbagai proyek swasta maupun pemerintah. Adapun tanaman yang tersedia berupa pohon, semak, palem, tanaman penutup tanah, dan tanaman hias daun. Ada pula tanaman asli Benua Australia seperti jati Australia Flindersia australis, anak hitam atau blackboy Xanthorrhoea glauca, dan palem Livistona australis.

Pakai sekam

Akar tanaman memperoleh pasokan oksigen cukup berkat banyaknya rongga udara. (Dok. Trubus)

Salah satu penyedia bibit tanaman hias dan buah di Yogyakarta, Muji Lestari, S.E., M.M., juga mulai mengurangi penggunaan tanah sebagai media tanam. Ia sependapat dengan Graeme Logan, tanah berbobot berat dan berpotensi menularkan penyakit tertentu.

“Kalau seperti Logan pakai kulit kayu pinus, di sini susah memperolehnya. Kami pakai sekam mentah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1,” kata pemilik Easy Grow Garden Center di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, itu. Bibit tanaman buah yang didatangkan dari Kabupaten Jember dan Magelang biasanya pakai media tanam tanah dalam polibag. Muji lantas memindahnya ke kantong tanam dengan media tanam sekam mentah dan pupuk kandang. (Sinta Herian Pawestri)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img