Thursday, July 25, 2024

Mengenal Pisang Si Raja Pendek, Cocok untuk Tabulampot

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tabulampot pisang solusi tanam di lahan sempit. Cukup menggunakan pot berdiameter 60 cm pisang itu dapat berbuah. Sosoknya juga relatif pendek sehingga cocok untuk tabulampot.

Pisang morosebo salah satu yang dapat ditanam pada tabulampot. Peneliti bidang botani, Lia Hapsari S.P., M.Si, menuturkan pisang morosebo Musa acuminata bergenom triploid AAA, subgroup cavendish (dwarf). Sebutan lain pisang morosebo yakni pisang cebol dan raja pendek.

Jenis pisang itu cocok ditanam sebagai tabulampot karena perawakannya pendek dengan tinggi maksimal sekitar 1,5 m. Tandan buah dan buah juga besar dengan sisir rapat. Kulit buah yang masak berkelir kekuningan mirip cavendish dan wangi.

Daging buah berwarna kekuningan dengan rasa manis dan ada masamnya jika dibandingka dengan cavendish komersial. Menurut Lia tabulampot pisang bukan hal baru.

“Budidaya pisang dalam pot untuk mengatasi keterbatasan lahan,” kata magister Biologi Konservasi alumnus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, itu.

Kultivar pisang lain yang berpotensi menjadi tabulampot antara lain pisang berlin (muli lampung), pisang merah, dan pisang masa kecil. Pilihan lain pisang variegate yang daun dan buahnya variegate. Bibit pisang itu masih impor.

Lazimnya pisang variegata berasal dari Thailand. Saat ini banyak pehobi yang membudidayakannya. Pemilihan kultivar pisang menjadi penting agar tetap berbuah.

Oleh karena itulah perlu penambahan media tanam secara berkala berupa tanah plus pupuk kandang atau kompos. “Penyiraman juga perlu diperhatikan sesuai kebutuhan. Khawatir pot kurang aerasi dan tanah jenuh air sehingga bonggol mudah busuk,” ujar Lia.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img