Friday, August 12, 2022

Menjaga Kolesterol Usai Lebaran

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) antikolesterol.

 

VCO dan ragam olahan teh mencegah melonjaknya kolesterol jahat di hari raya.

Olahan karbohidrat banyak dikonsumsi saat hari raya, potensial meningkatkan kolesterol.

Setelah Lebaran kadar kolesterol melonjak antara lain akibat konsumsi sirop, minuman bersoda, dan pangan kaya gula lain. Menurut produsen minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), Annas Ahmad, pemicu kolesterol berlebih bukan berasal dari makanan bersantan. Pemicu kolesterol justru berasal dari makanan kaya gula dan karbohidrat olahan seperti tepung. Celakanya bahan dasar makanan khas hari raya lazimnya kaya gula dan karbohidrat olahan.

Menurut dokter penganjur santan di Kota Malang, Jawa Timur, dr. Zainal Gani, tingginya asupan gula saat hari raya itu berisiko memicu peningkatan drastis gula darah. Ketika gula darah melonjak, pankreas memproduksi hormon insulin untuk mengubah gula darah menjadi trigliserida—salah satu bahan penyusun lemak. Namun, makin banyak pankreas memproduksi insulin, makin banyak pula kolesterol terbentuk. Akibatnya kolesterol pun melonjak.

Mengencerkan darah

Menurut dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sardjito, Yogyakarta, Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, SpPD-KR, kategori tinggi jika kadar kolesterol melebihi 200 mg/dl, low density lipoprotein (LDL) melebihi 100 mg/dl, trigliserida di atas 150 mg/dl, dan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) di bawah 40 mg/dl. Tingginya kadar kolesterol memicu berbegai penyakit degeneratif lain seperti strok, dan penyakit jantung.

Salah satu pilihan lezat mengatasi kolesterol dengan rutin mengonsumsi VCO. Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr. Sidi Aritjahja, VCO dapat mengontrol kadar gula darah dan lemak, antara lain kolesterol dan trigliserida dalam darah. Itu membantu mengencerkan darah, sehingga badan pun lebih bugar. Menurut Sidi VCO memiliki kandungan kolesterol tidak jenuh atau HDL tinggi.

Minyak itu akan mengikat lemak jenuh atau LDL yang berlebih di darah. Keuntungan tinggi HDL adalah tidak mudah menempel di dinding pembuluh darah atau terdeposit pada jaringan lemak dan otot. Sidi menyarankan mengonsumsi satu sendok teh minyak itu sekali sehari menjelang tidur. Cara lainnya mencampurkan 1—3 sendok makan pada makanan atauminiman siap saji.

Aneka teh kaya antioksidan berpotensi menurunkan kolesterol.

Annas, misalnya, menambahkan VCO dan santan pada kopi tanpa gula yang sohor dengan sebutan bulletproof coffe. Kopi berpadu VCO dan santan itu juga kerap digunakan oleh pelaku diet ketogenik. Menurut Zainal 4 sendok makan VCO per hari cukup agar badan berenergi sepanjang hari.

Teh

Alternatif lain menurunkan kolesterol dengan rutin mengonsumsi teh. Peneliti dari Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Herin Mawarti, menujukkan epigalokatekin galate (EGCG) menghambat peningkatan kadar kolesterol. Penurunan kolesterol pada mencit hingga 55% dibandingkan dengan perlakuan tanpa pemberian teh hijau.

Artisan dari Teh Sila, Redha Taufik Ardhias.

Menurut artisan dari Teh Sila, Redha Taufik Ardhias, kandungan antioksidan dan katekin pada teh membantu memecah lemak dan mengurangi kadar kolesterol khususnya pada teh hijau. Teh hijau adalah olahan daun teh tanpa fermentasi. Adapun khasiat teh hitam atau olahan teh yang melalui fermentasi dapat meningkatkan metabolisme dan menambah energi. Adapun teh putih atau olahan teh berbahan dasar pucuk kaya antioksidan sangat baik untuk detoksifikasi.

Menurut Redha teh hitam sebaiknya diminum pagi hari sebagai teman sarapan. Faedahnya membantu menambah energi dan semangat untuk merayakan hari. “Apalagi bersiap untuk bersilaturahmi di hari raya,” kata pria 28 tahun itu. Teh hitam juga bisa menjadi teman yang pas untuk menyantap aneka ragam kue khas di hari raya. Adapun teh hijau lebih disarankan sebelum dan sesudah mengonsumsi makan berkuah dan rebusan yang berlemak untuk membentengi tubuh dari kolesterol.

Adapun teh putih yang memiliki antioksidan tertinggi dan memberikan efek relaksasi. Disarankan diminum menjelang malam atau 2 jam sebelum tidur. Teh putih mendetoksifikasi tubuh sekaligus membantu tidur lebih nyenyak. “Apalagi diseduh dengan tambahan bunga-bungan,” kata pendiri Sila Tea sejak 2018 itu. Namun, Redha mewanti-wanti segala faedah teh itu akan optimal tanpa tambahan gula. (Muhamad Fajar Ramadhan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img