Sunday, July 14, 2024

Mentan Meninjau Penanganan Hama Wereng di Klaten

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau jalanya penanganan hama wereng pada lahan sawah di Desa Karangdowo, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil peninjauan, Mentan Syahrul mengatakan penanganan hama di Kabupaten Klaten berjalan cukup baik. Terbukti dengan tanaman padi yang tumbuh dengan baik dan sehat.

Mentan Syahrul berharap Kabupaten Klaten mampu menjadi daerah percontohan bagi daerah lain di sekitar Pulau Jawa dalam menangani hama secara cepat. Kabupaten Klaten juga harus keluar sebagai daerah yang berhasil menangani krisis akibat hama dan juga perubahan cuaca.

“Penggunaan pupuk kimia pun mereka turunkan dan hasilnya cukup bagus,” tutur Mentan Syahrul, dilansir dari laman resmi Kementerian Pertanian.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa Klaten merupakan kabupaten subur yang sebagian masyarakatnya bergantung pada sektor pertanian.  Sekadar informasi, luas lahan baku Klaten mencapai 31.721 hektare, luas tanam padi 73.000 hektare dan produksi gabahnya mencapai 467.000 ton.

“Dari angka tersebut surplus di kami kurang lebih 140.000 ton setara beras,” paparnya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa di saat pancaroba dan perubahan iklim hampir semua lahan sawah selalu diikuti dengan munculnya serangan hama penyakit.

Oleh karena itu, Suwandi mengimbau agar petani selalu waspada dan sigap melakukan pengecekan. Menurut Suwandi, pada prinsipnya penanganan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) perlu dilakukan dengan langkah pencegahan dan pengendalian secara cepat.

“Pengendalian diprioritaskan secara biologis maupun mekanis yang ramah lingkungan, sedangkan penggunaan kimia sintetis adalah pilihan yang terakhir,” jelas Suwandi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Khasiat Daun Ketepeng Cina, Berpotensi Kendalikan Kadar Kolesterol Darah

Trubus.id—Daun ketepeng cina berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah. Itulah hasil riset Nisa Khoirila dan Muhammad Walid dari program Studi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img