Thursday, February 9, 2023

Mudah Dibuat, Alat Inseminasi Buatan Kreasi Dosen Unpad

Rekomendasi

Trubus.id — Lazimnya, untuk mendapatkan alat inseminasi buatan yang beredar di pasaran cukup mahal. Penyebabnya adalah alat inseminasi buatan kebanyakan berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat alat inseminasi buatan yang murah, praktis, dan sederhana untuk hewan ternak.

Dr.agr. Ir. Raden Siti Darodjah, M.S., salah seorang yang mengembangkan alat inseminasi buatan itu, mengatakan, bahan-bahan yang digunakan berasal dari lingkungan sekitar peternak.

Dengan begitu, peternak bisa memproduksi keturunan ternak dengan kualitas yang lebih bagus tanpa perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk membeli alat inseminasi buatan.

“Melalui teknologi inseminasi buatan, kita memaksimalkan pejantan untuk menghasilkan keturunan yang baik. Selain itu, ini juga bisa mereduksi petani sehingga tidak perlu membeli banyak ternak jantan,” kata Dace—sapaan akrab Dr.agr. Ir. Raden Siti Darodjah, M.S.,— dikutip dari laman Universitas Padjadjaran.

Beberapa alat yang telah dihasilkan Dace dan tim di Laboratorium Produksi Ternak Fapet Unpad antara lain vagina buatan untuk penampungan sementara sperma sapi.

Dace membuat alat ini dari bahan-bahan sederhana dan bisa diperoleh dengan mudah, yakni paralon yang dilapisi karet elastis serta telah dilengkapi dengan corong dan tabung reaksi.

“Jika dulu alat yang ada di laboratorium kami itu dibeli dari Jerman, akhirnya kita berupaya menciptakan alat sendiri dan bisa kita ajarkan ke peternak untuk membuat sendiri,” tutur Dace.

Keunggulan lain, alat ini juga dapat dipakai secara berulang, tahan lama, dan bisa digunakan secara bersamaan oleh para peternak dalam satu kelompok sehingga kelompok ternak cukup mempunyai satu jantan. Selain vagina buatan, Dace juga menciptakan straw untuk menyimpan sperma yang sudah dibekukan.

Alat ini sangat efektif untuk membawa spesimen menuju lokasi peternakan yang cukup terpencil. Cukup dimasukkan ke termos yang berisi nitrogen cair, spesimen dalam straw akan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Alat lain yang diciptakan Dace adalah spons vagina untuk merangsang timbulnya hormon progesteron, serta spekulum sederhana terbuat dari paralon yang sudah dipasangi lampu.

Alat-alat ini sudah diujicobakan untuk proses inseminasi buatan pada sapi pasundan yang ada di peternakan di Cijeunjing, Ciamis. Tidak hanya sapi, alat ini bisa digunakan untuk hewan domba, kambing, hingga kelompok unggas. Alat inseminasi buatan tersebut juga tengah diajukan untuk memperoleh paten.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img