Wednesday, February 8, 2023

Orangutan Tapanuli Berkunjung ke Kebun Warga

Rekomendasi

Trubus.id — Terhitung kedua kalinya aktivitas orangutan tapanuli Pongo tapanuliensis mengunjungi kebun milik warga. Saat menyambangi kebun, terlihat orangutan sedang makan durian dan buah cempedak yang ada di kebun tersebut.

Melansir dari laman Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, tercatat, aktivitas pertama orangutan mengunjungi kebun durian milik warga di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, pada Selasa, (22/11/2022).

Selanjutnya, orangutan kembali terlihat menyambangi kebun warga di Desa Pagaran Pisang, Kecamatan Arse Nauli, Kabupaten Tapanuli Selatan, pada Jumat (25/11/2022).

Melihat aktivitas itu, warga setempat melaporkannya kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Mendapatkan laporan tersebut, tim gabungan dari Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan lembaga mitra kerja sama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari–Orangutan Information Center (YOSL-OIC) bergegas meninjau lokasi.

Petugas gabungan melakukan upaya mitigasi dengan cara menghalau dan mengusir orangutan tersebut. Satu individu orangutan berkelamin jantan, berhasil dihalau serta digiring ke arah kawasan Cagar Alam (CA) Dolok Sipirok.

Adapun dua individu lainnya yang diperkirakan berkelamin betina (induk dan anaknya) masih bertahan di sekitar jurang arah Sungai Aek Siguti di Dolok Sipirok.

Kemunculan orangutan beberapa kali di kebun warga tentu menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak, agar tidak menimbulkan masalah konflik yang berlarut-larut di kemudian hari.

Apalagi, orangutan tapanuli merupakan satwa liar yang dilindungi undang-undang. Tentu diperlukan pengambilan langkah-langkah konkret agar kelestarian orangutan tapanuli dapat terjaga dan aktivitas warga di kebun pun berjalan dengan baik.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kementan Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Kopi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mendorong upaya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada komoditas tanaman...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img