Monday, August 8, 2022

Paduan Jambu Biji dan Angkak

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Paduan daun jambu biji dan angkak manjur atasi demam berdarah dengue.

Jus jambu dapat menggantikan cairan dalam tubuh.
Jus jambu dapat menggantikan cairan dalam tubuh.

Diany Anggraini panik ketika putrinya mengeluh deman, pusing, pegal, mual, dan muntah. Pada saat yang sama ia juga merasakan keluhan yang sama. Dari gejala yang muncul Diany menduga ia dan putrinya terkena virus dengue, penyebab demam berdarah dengue. Setelah 2 hari demamnya tidak turun, sang suami segera mengantarkan ke rumah sakit. Benar saja, setelah memeriksa, dokter mendiagnosis mereka demam berdarah dengue.

Warga Jatiwaringin, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, itu menginap di kamar yang sama di sebuah rumahsakit di Jakarta Timur. Belum genap sepekan pulang dari rumah sakit, sang suami mengeluh demam, badan pegal-pegal, wajahnya tampak memerah dan muncul bintik-bintik merah di seluruh tubuh. “Suami juga diharuskan opname lantaran menderita demam dengue,” kata Diany.

Pelana kuda
Menurut dokter spesialis penyakit dalam di Rumahsakit Hasan Sadikin, dr Primal Sudjana Sp PD-KPTI, virus dengue menyerang trombosit darah. Namun, manifestasi klinis beragam sehingga gejala yang muncul dari masing-masing orang akan berbeda. Demam dengue terdiri atas dua jenis yaitu demam dengue dan demam berdarah dengue. Demam dengue serangan atau infeksi virus dengue tanpa mengalami kebocoran dalam plasma sel.

Air jernih menjadi tempat favorit nyamuk Aedes aegypti bertelur.
Air jernih menjadi tempat favorit nyamuk Aedes aegypti bertelur.

Adapun demam berdarah dengue ada kebocoran plasma. Celah antar sel di pembuluh darah kecil melebar sehingga menyebabkan shock atau melebarnya celah antarsel. Dampaknya darah dalam pembuluh akan merembes mengisi celah antarsel. Itu menyebabkan volume darah dalam pembuluh darah berkurang dan menurunkan tekanan darah. Pengaruhnya adalah aliran darah ke jaringan vital seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan otak berkurang.

Akibat lebih lanjut berkurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan vital berkurang, sehingga akan terjadi kegagalan fungsi organ. Bila tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian. Gejala umum demam dengue adalah demam dengan skema pelana kuda. Itu dimulai setelah masa inkubasi virus antara 7—14 hari yaitu dengan peningkatan suhu hingga 40°C.

Demam itu adalah reaksi tubuh untuk memerangi dan mematikan virus oleh antibodi. Ketika demam tinggi tubuh akan merespons dengan berkeringat untuk menurunkan suhu. Setelah 2—3 hari suhu tubuh akan turun dan normal, tetapi sebenarnya kondisi itu saat kritis bagi penderita. Keluarnya cairan tubuh seperti keringat akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan mengalami shock.

Bila cairan tubuh tidak segera digantikan akan menyebabkan shock yang berakibat gagalnya fungsi organ dan kematian. Cairan yang disarankan untuk dikonsumsi mengandung elektrolit. Oralit merupakan cairan elektrolit paling sederhana, sayang banyak orang tidak menyukai rasanya. Oleh karena itu orang akan lebih memilih jus buah untuk menggantikan cairan tubuh karena mengandung air dan elektrolit.

Riset ilmiah

Selain cairan, nutrisi juga diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh. Ketika virus berkurang, respons tubuh pulih, daya tahan tubuh akan kembali, fungsi tubuh normal, dan segera menaikkan trombosit dalam darah. Selain menggunakan cara medis, banyak herbal seperti jambu biji dan angkak berkhasiat untuk mengembalikan kesehatan tubuh saat terkena demam dengue.

“dr Primal Sudjana Sp PD-KPTI dari Rumahsakit Hasan Sadikin Bandung.
“dr Primal Sudjana Sp PD-KPTI dari Rumahsakit Hasan Sadikin Bandung.

Penelitian dari Septi Muharni, Almahdy, dan Rose Dinda Martini dari Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau dan Fakultas Farmasi Universitas Andalas, membuktikan bahwa ekstrak jambu biji dan angkak dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Mereka meneliti 20 pasien demam berdarah di Rumahsakit Umum Pusat Dr M Jamil Padang. Para pasien mengonsumsi campuran daun jambu biji dan angkak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut.

Dari hasil pengamatan menunjukkan, pada kelompok kontrol tidak mengalami kenaikan yang signifikan yaitu hanya di kisaran 40.000 sel/mm³. Adapun kelompok perlakuan, kenaikan terjadi dari 60.000 sel/mm³ menjadi 120.000 sel/mm³ dalam 3 hari. Daun jambu biji Psidium guajava mengandung kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang terdapat dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse transkriptase sehingga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Ekstrak daun jambu biji juga meningkatkan jumlah megakariosit dalam sumsum tulang sehingga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Angkak atau red fermented rice merupakan salah satu obat herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan jumlah trombosit terutama pada kasus demam berdarah. Angkak merupakan hasil fermentasi beras yang menggunakan kapang Monascus purpureus.

Untuk mengatasi dan mencegah demam berdarah, herbalis dari Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ujang Edy, meresepkan 3 rimpang kencur, 1 rimpang kunyit, dan segenggam kencur. Ia memarut semua bahan, menambahkan air, dan air hasil perasannya siap konsumsi. Untuk anak, sebaiknya berikan 2 sendok per hari, sedangkan dewasa setengah cangkir kecil dikonsumsi 2 kali sehari. Jika perlu campurkan madu.

Tangkal dengue

Madu Propolis dapat meningkatkan trombosit
Madu Propolis dapat meningkatkan trombosit

Menurut dr Primal sebenarnya demam dengue dapat sembuh dengan sendirinya bila penderita mampu melewati fase kritis. Namun, banyak orang tidak mampu melewati fase kritis sehingga terjadi shock dan kematian. Untuk melewati fase kritis, harus didukung dengan penambahan cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Karena dehirasi dapat menyebabkan kematian

Diany menduga nyamuk Aedes aegypti penyebab dengue berasal dari bak penampung kamar mandi miliknya yang terlalu besar, sehingga air jarang terkuras hingga habis. Oleh karena itu dr Primal mengingatkan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3-M, yaitu menguras tempat penampungan air dengan menyikat sampai bersih agar telur nyamuk yang menempel di dinding tidak sempat berkembang biak, menutup tempat penampungan air agar nyamuk tidak bertelur di penampungan air, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air.

Selain itu juga dapat menggunakan bubuk abate untuk mematikan telur dan jentik nyamuk yang berada di kolam penampungan air. Menurut dr Primal pengasapan atau fogging kurang efektif memberantas nyamuk sebab hanya mematikan nyamuk dewasa, nyamuk yang masih dalam fase larva di dalam air tidak akan mati. ”Nyamuk mampu terbang hingga 150 m untuk menghindari pengasapan,” kata dr Primal.(Muhammad Awaluddin)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img