Friday, December 9, 2022

Pakan Sempurnakan Penampilan Klangenan

Rekomendasi

Mental juara Tompel sudah teruji di berbagai kontes. Predikat juara acap direbut burung berharga puluhan juta rupiah itu. Keistimewaannya suara yang melengking. Keberhasilan itu didukung oleh perawatan intensif sehingga stamina tetap prima.

Salah satu k u n c I k e s u k s e s a n Tompel menjadi juara adalah pakan. Tak salah bila hobiis di Semarang, Jawa Tengah, itu memilih Fancy Gold Food sebagai pakan sang jagoan. Kandungan nutrisi lengkap, seperti ribofl avin, kalsium, vitamin B12, dan E yang membuat burung tetap fi t saat bertanding. Tambahan lain, seaweed. Bahan itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga burung agar tidak stres, dan memiliki kualitas suara lebih nyaring, serta bulu mengkilap.

Beragam produk

Menyebut Fancy Gold Food, pasti ingat PT Citra Mandiri Kencana (CMK). Nama perusahaan yang didirikan Teddy Sujatmiko itu mencuat di kerajaan bisnis pakan hewan kesayangan. Meski bukan yang pertama di Indonesia, tapi beragam produk pakan CMK menjadi pilihan para hobiis.

Lihat saja, di toko-toko pasar burung di tiap kota di Indonesia selalu menjual merekmerek itu di deretan terdepan. Di sana tak hanya Fancy Gold Food, ada juga Fancy Bird Food yang dipasarkan dalam berbagai kemasan. Khusus pakan untuk perkutut, ada dengan burung berkicau, dan kenari.  “Jadi, setiap pakan disesuaikan dengan jenis burung. Ada pula pakan untuk antistres dan maintenance,” kata Teddy, panggilan akrabnya.

Menurut drh Kaharudin Said, dari Otosindo Prima Satwa faktor makanan sangat penting. “Harus memenuhi standar gizi, termasuk protein, karbohidrat, dan lemak. Vitamin dan mineral yang lengkap juga dibutuhkan dalam porsi seimbang. Itu menjaga burung tetap sehat, tidak mudah stres, bulu mengkilap, dan rajin berkicau,” kata alumnus Fakultas Kedokteran Hewan Intistiut Pertanian Bogor itu.

Selain pakan burung, CMK melirik pakan ikan sebagai bisnis potensial. Alasannya, “Banyak hobiis yang memelihara ikan. Ini pasar yang besar. Mereka mencari pakan yang tepat dengan peliharaannya,” ucapnya. Salah satu merek andalannya adalah Beauty. Pakan itu mengandung immunity plus bervitamin dan memiliki nutrisi lengkap. Ini memungkinkan daya tahan tubuh ikan terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Setelah sukses merebut pasar pakan burung dan ikan, CMK juga merambah ke pakan anjing dan kucing. Meski bukan pelopor, Nutro—merek dogfood—diproduksinya—terbukti bagus untuk pertumbuhan dan maintenance anjing. Agus Wiediyanto, pemilik Fourtyone Kennel di Bandung, Jawa Barat, salah satu hobiis yang telah membuktikan keunggulan pakan itu. Anak-anak anjingnya tumbuh sehat karena nutrisi lengkap dari pakan yang diberikannya.

Bermula dari hobi

Sukses CMK berkibar sebagai agen pakan di tanahair tak lepas dari hobi Teddy terhadap satwa klangenan. Ia gemar memelihara berbagai jenis binatang, termasuk ikan dan burung. Jadi, ia tahu pasti pakan-pakan yang dapat menunjang penampilan masaing-masing satwa. “Saya paling suka ikan, seperti maskoki dan koi,” katanya. Di kolam indoor rumahnya di Jakarta Selatan, Teddy memelihara puluhan koi impor. Koinya terlihat sehat-sehat dan berwarna cemerlang.

“Pakan memegang peranan penting. Tak hanya untuk pertumbuhan, tapi juga menyempurnakan penampilan,” ucapnya. Sayang, produk pakan yang dijual di pasaran saat itu kebanyakan impor. Harga relatif mahal sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Itulah yang menggugah Teddy untuk menjual produk impor berkualitas dengan harga terjangkau.

Sejak 4 Juni 1985 ia menjalin kerjasama dengan Fwu Sow, salah satu perusahaan pakan raksasa di Taiwan. Dengan bendera CMK, Teddy pun membuka kantor sekaligus gudang di bilangan Tanahabang, Jakarta Pusat. Gebrakan CMK ternyata mendapat sambutan dari konsumen. Banyak agen yang ikut bergabung menjual produknya: pakan burung antistres, seaweed, dan pakan ikan yang mengandung immunity plus. “Kita selalu berusaha untuk mengerti segala sesuatu tentang hewan peliharaan,” kata Teddy.

Makin meluas

Perusahaan yang kini berlokasi di Jalan raya Serang, Tangerang, itu berkembang pesat. Kini, ia juga mulai melirik aksesoris anjing, seperti kalung anjing (dog chains), kandang (dog cage), dan hair dryer untuk anjing.

Terobosan-terobosan baru dilakukan CMK guna memenuhi kebutuhan hobiis. Cara yang ditempuh salah satunya rajin mengikuti pameran-pameran di berbagai kontes: ikan, burung, anjing, dan kucing. Maksudnya agar permasalahan di lapangan bisa termonitor. Rencananya, dalam waktu dekat CMK akan meluncurkan produk baru, Happy Satori 8 in 1. “Harga terjangkau, konsumen dapat 8 manfaat dalam 1 kemasan,” kata Teddy.

Dengan berbagai terobosan itu CMK tetap tegar dan eksis di tengah gencarnya persaingan produk sejenis. “Justru semakin banyak pemain, semakin ramai karena pangsa pasar kian banyak,” ujarnya. Yang penting kualitas dipertahankan dengan cara melakukan ujicoba dulu di testing farm atau research farm sebelum produk dilempar ke pasar.

CMK yakin pasar pakan terus bergairah. Itulah sebabnya dengan tenagatenaga ahli yang dimiliki, CMK getol melakukan riset untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan produkproduk baru. “Menjaga kualitas produk dengan harga terjangkau sehingga pelanggan puas, itulah tujuan utama,” kata Teddy. Be honest to yourself and your customer, jangan pernah mengorbankan kualitas hanya demi kepentingan untung semata. (Nyuwan SB)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Keunggulan Kapal Canggih Penebar Pakan Ikan

Trubus.id — Kapal penebar pakan ikan bisa menjadi alternatif para pembudidaya yang memelihara ikan di tambak yang luas. Salah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img