Saturday, August 13, 2022

Panasea Daun Graviola

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Daun sirsak ternyata bukan hanya manjur mengatasi kanker. Fakta empiris dan ilmiah membuktikan daun sirsak sebagai panasea.

 

Tekanan darah sistolik Edi Suherman tak pernah turun dari 200 mmHg sejak 6 tahun terakhir; tekanan darah normal, 120 mmHg. Karyawan swasta di Bogor, Provinsi Jawa Barat, itu kerap kali cemas dan denyut nadi meningkat. Hasil diagnosis dokter menyebutkan bahwa Suherman mengidap hipertensi, asam urat, dan gangguan kerja jantung. “Setiap kambuh rasanya seperti mau mati,” kata Edi menggambarkan penderitaannya saat itu.

Untuk mengatasi gangguan itu, ia mengonsumsi obat penenang dari dokter. Namun, khasiatnya hanya ia rasakan selama dua hari. Edi mengunjungi banyak dokter dan pengobatan alternatif demi penyakitnya, tetapi tak kunjung membaik. Pada Oktober 2010, dalam sebuah acara yoga ia berkenalan dengan Valentina Indrajati, herbalis di Parung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, yang menyarankan konsumsi daun sirsak.

Herbal majemuk

Edi Suherman mendatangi kamar praktek Valentina. “Ketika datang kondisi jantungnya tidak bagus, tekanan darahnya tinggi, dan menderita asam urat. Edi juga mengeluh pusing dan jantung berdebar cepat,” kata Valentina. Menurut herbalis alumnus Universitas Katolik Parahyangan itu Edi terlihat lemah, gelisah, dan tegang. Valentina lantas memberikan beragam herbal seperti daun sirsak, daun tapak dara, rimpang kunyit, rimpang temulawak, dan daun murbei.

“Daun sirsak berfungsi sebagai antioksidan, herbal lain akan memperkuat semua organ tubuh sehingga daya tahan tubuh meningkat dan penyakit melemah,” kata Valentina. Pernyataan Valentina diperkuat riset oleh R. Baskar dari Departemen Biologi, Kumaraguru College of Technology, India yang menyatakan 500 µg/ml ekstrak etanol daun sirsak memiliki aktivitas antioksidan sebesar 72-90%.

Edi mengonsumsi ramuan itu dalam bentuk serbuk. Setiap hari ia merebus sekantong serbuk dalam 600 ml atau dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Ia lantas menyaring dan minum hasil rebusan itu. Frekuensi konsumsi dua kali dalam sehari masing-masing segelas. Sebulan mengonsumsi ramuan, pria berusia 45 tahun itu membaik, keluhan pusing, rasa cemas dan gelisah, dan jantung berdebar jauh berkurang. Pemeriksaan terakhir pada Juli 2011, tekanan darah turun menjadi 160 mmHg. Selain dalam bentuk serbuk, daun graviola juga dapat dikonsumsi dalam ekstrak herbal terstandar yang dikemas dalam bentuk kapsul, misalnya produk Gravica, Gravila, dan Gravia.

Selain mujarab mengatasi hipertensi, daun sirsak juga terbukti ampuh mengobati diabetes mellitus dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. David Olawale, Omobola Aderibigbe, dan Olarinde Stephen dari Departemen Anatomi dan Biologi Sel, Obafemi Awolowo University, Nigeria, membuktikan ekstrak daun Annona muricata mengatasi diabetes. Mereka membagi 30 tikus percobaan dengan bobot badan masing-masing 150-250 g menjadi tiga grup.

Grup pertama merupakan kelompok kontrol nondiabetes; grup kedua, tikus yang menderita diabetes dan  tanpa perlakuan ekstrak daun sirsak. Adapun grup ketiga tikus menderita diabetes dengan pemberian ekstrak daun sirsak. David memberi suntikan steptozotocin yang telah dilarutkan dalam 0,1 M sodium sitrat dengan pH6,3 kepada grup kedua dan ketiga. Dosis 80 mg per kg bobot tubuh tikus. Steptozotocin memicu hiperglikemia pada tikus, yang bisa menjadi model yang cocok untuk diabetes tipe II pada manusia.

Terbukti manjur

Steptozotocin memicu kehancuran sel beta pada pankreas dan mencapai puncaknya pada pekan ketiga sampai keempat. Disfungsi sel beta mengakibatkan gangguan pada pengontrolan glukosa darah Periset itu memantau glukosa darah tikus pada setiap grup selama empat pekan. Setelah empat pekan, ia menginjeksi 100 mg ekstrak daun sirsak per kg bobot tubuh pada tikus di grup ketiga. Injeksi berlangsung setiap hari selama dua pekan berturut-turut.

David sukses membuktikan keampuhan daun sirsak mengatasi diabetes. Satu hari setelah pemberian steptozotocin, glukosa darah pada grup kedua dan ketiga berbeda nyata lebih besar dari grup pertama yang merupakan kontrol. Pada akhir percobaan terdapat penurunan glukosa darah secara signifikan pada grup ketiga yang diberikan ekstrak daun sirsak.

Nilai glukosa darah pada grup pertama sebesar 3,78 mmol/l, grup kedua 21,64 mmol/l, dan grup ketiga 4,22 mmol/l. Itu artinya pemberian ekstrak daun sirsak sangat potensial menurunkan nilai glukosa dalam darah.

David menyatakan komponen bioaktif pada daun sirsak memiliki aktivitas antihiperglikemia. Peran senyawa aktif itu  antara lain merangsang sekresi insulin pada pankreas, memperbaiki proliferasi sel beta, dan meningkatkan efek dari insulin dan adrenalin. Dalam percobaan itu, David dan rekan juga memeriksa kadar kolesterol dalam darah tikus. Harap mafhum, diabetes mellitus kerap berasosiasi dengan hiperlipidemia.

Indikasinya adalah peningkatan kadar kolesterol, trigliserida, dan fofolipid, serta perubahan komposisi lipoprotein, semua itu meningkatkan risiko jantung koroner. Hasil percobaan membuktikan bahwa daun pohon keluarga Annonaceae itu memiliki efek menurunkan kadar trigliserida, total kolesterol, dan low density lipoprotein (LDL). Pemberian ekstrak daun sirsak juga meningkatkan high density kolesterol (HDL) alias kolesterol baik.

Betancur Galvis dari Instituto Oswaldo Cruz, Kolombia, membuktikan daun sirsak juga memiliki efek antitumor, antimikroba, dan antiviral. Khasiat lain adalah mengatasi penyakit herpes dan antimalaria. Itu bukti bahwa daun sirsak bukan hanya manjur mengatasi sel kanker, tapi juga panasea alias mampu mengatasi beragam penyakit. (Susirani Kusumaputri/Peliput: Desi Sayyidati Rahimah)

 

^     Valentina Indrajati meresepkan daun sirsak bersama daun tapak dara, rimpang kunyit, rimpang temulawak, dan daun murbei untuk atasi hipertensi dan asam urat

<     Daun sirsak sohor atasi kanker

Penelitian di berbagai negara membuktikan daun sirsak ampuh mengobati diabetes mellitus dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img