Sunday, August 14, 2022

Panen Arwana di Akuarium

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Di stan Raffles Arowana, sebuah akuarium berukuran 1,5 m x 90 cm x 60 cm tampak sejengkal keluar garis batas anjungan. Memang itu bukan disengaja, tapi semata-mata akibat pemasangan batas pengaman sekeliling akuarium. Batas kira-kira selebar 90 cm itu menjaga akuarium dari tangan pengunjung. ‘Biar ikan tidak mudah stres,’ ujar Stanley, sang pemilik.

Menurut Stanley golden crossback sepanjang 50 cm itu sudah terdeteksi menggendong telur sekitar 3 minggu menjelang Aquarama. ‘Saya lihat dari salah satu kolam arwana saya di Malaysia,’ katanya. Saat berenang cenderung memisahkan diri dan tidak mau melahap pakan. Rahang bawah jantan berumur 8 tahun itu pun sedikit menggembung. Tanda lain, betina setia mengekor gerakan pasangannya ke mana pun si jantan itu pergi.

Proses panen golden crossback dimulai sekitar pukul 14.00 waktu Singapura. Acara dimulai dengan dibukanya penutup atas akuarium oleh Stanley. Arwana itu segera dibuat mabuk dengan arus berputar yang diembuskan aerator. Tak sampai 5 menit, sang jantan itu mulai memuntahkan satu per satu burayak. Proses yang mengundang decak-kagum pengunjung pameran itu usai dalam waktu 15 menit. Tampak sang jantan mengitari burayak yang berserakan di dasar akuarium. (Dian Adijaya S)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img