Friday, August 12, 2022

Ngabuburit Betta Contest 2007 Serit, Unggul Bukaan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Pantas serit maskot senior itu menjadi juara. Selain ekornya membuka sempurna, corak warna merah di tubuh juga terang. ‘Tubuhnya pun terlihat proporsional,’ kata Mustafa Kamil, juri dari Jakarta. Hal senada diungkapkan juri lain. ‘Semua seritnya secara keseluruhan rapi,’ ujar Arif SL, juri lain.

Sang pecundang, serit warna bebas senior lebih diunggulkan sebelum berlangsung babak final. Corak warna dan bentuk tubuh sudah masuk kriteria juara: warna terang, solid, dan tubuh kompak. Namun, di babak akhir, ujung-ujung serit dorsal tampak menguncup. ‘Itu sangat mengganggu penampilannya. Hal ini dapat terjadi akibat perubahan kualitas air,’ kata Kamil.

Bentuk trapesium

Sebelum menjadi terbaik di lomba, serit maskot senior itu terlebih dahulu menumbangkan para pesaing di kelasnya. Cupang milik Betta Lavista dan Nathan adalah lawan terberat. Maskot milik Betta Lavista memiliki corak warna tubuh tak kalah apik. Bahkan seritnya pun rapi. Namun, karena kurang atraktif, ia tergusur menjadi runner up dengan nilai total 7. Demikian pula klangenan Nathan, seritnya sukar me-ngedok sempurna sehingga harus puas di urutan ke-3.

Kampiun kelas halfmoon dasar gelap junior dinobatkan menjadi grand champion di kategori halfmoon. Bersaing melawan kampiun halfmoon bebas junior dan kombinasi senior, keduanya milik Fantasy Aquatic, cupang andalan Milan Betta itu unggul di bukaan sirip ekor. ‘Ngedok-nya seperti trapesium. Itu bentuk bukaan ekor yang sempurna,’ tambah Arif. Hal senada juga diungkapkan Kamil. ‘Dengan tubuh proporsional saat ikan ngedok terlihat harmonis,’ katanya.

Sumber kekalahan halfmoon bebas junior adalah sirip atas kurang lebar. Demikian pula sirip bawah tidak mampu mengembang sempurna. Yang terakhir boleh jadi akibat otot-otot di pangkal ekor lemah sehingga ikan sulit menahan beban seluruh sirip saat ngedok. Walhasil posisi sirip secara keseluruhan menjadi turun. ‘Cupang ini terlihat tidak dipersiapkan secara khusus sehingga tidak mampu tampil maksimal,’ ujar Kamil.

Penampilan serupa juga tampak pada rival lain halfmoon kombinasi senior. Meski sirip ekor mampu mengembang penuh bak lengkung busur, tapi beberapa ujung ray-tulang sirip-agak melekuk. Kondisi itu yang membuat para juri mantap saat memutuskan halfmoon dasar gelap junior sebagai terbaik.

Corak kuning

Di kategori plakat, kampiun kelas dasar terang dinobatkan menjadi grand champion. Dengan gaya renang atraktif dan bukaan ekor sempurna 180o, andalan Cupangku Betta dari Tangerang itu mutlak mengungguli lawan-lawannya. ‘Kecemerlangan corak warnanya tidak ada yang dapat menandingi,’ ungkap Kamil. Warna cupang itu campuran corak kuning dan jingga.

Kampiun plakat warna bebas senior dan kampiun dasar gelap senior tak mampu menghadang. Contoh plakat warna bebas. Bertanding dengan kelebihan bentuk sirip bak bulan sabit dan warna tubuh ngejreng, cupang milik Elmer dari Bandung itu terpental karena kurang lincah. Demikian pula nasib yang dialami dasar gelap senior. Meski coraknya solid, bukaan sirip atas agak menyudut sehingga penampilan sirip keseluruhan agak timpang.

Lomba yang diselenggarakan di Kopo Square Bandung pada 29 September 2007 itu diikuti sekitar 170 peserta. Tak hanya dari Kota Kembang, peserta asal Semarang, Jakarta, dan Surabaya turut meramaikan kontes. Meski demikian soal kualitas ikan yang bertanding dianggap peserta tidak istimewa. ‘Corak ikan tidak ada yang betul-betul menarik,’ kata Arif.

Menurut Kamil, penyebab kualitas cupang menurun karena memasuki Ramadhan sangat jarang kontes diadakan. ‘Jadi banyak hobiis yang tidak melakukan perawatan maksimal,’ tuturnya. Meski demikian tujuan panitia menyelenggarakan kontes tetap dinilai berhasil. ‘Biar komunikasi antarhobiis tetap terjaga,’ ujar Setiawan, ketua panitia lomba. (A. Arie Raharjo)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img