Tuesday, July 23, 2024

Peneliti UGM Buat Booster Alami Tanaman dari ‘Limbah’ Panas Bumi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Peneliti di Pusat Penelitian Panas Bumi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada berinovasi mengembangkan booster (pemacu tanaman) cair untuk kesuburan tanaman pertanian di dataran tinggi Dieng, Provinsi Jawa Tengah.

Periset itu Dr. Pri Utami (ahli geologi panas bumi),  Dr. Ronny Martien (ahli nano bioteknologi), Dr. Wiratni (ahli teknik bioproses), dan Dr. Ngadisih (ahli konservasi tanah dan air), dan peneliti  PT Geo Dipa Energi, Herdian, S.T.

Para periset menggunakan bahan baku berupa endapan silika. Selama ini bahan baku itu  hanya sebagai produk sampingan dari pembangkit listrik energi geothermal.

Melansir pada laman UGM ketua tim peneliti, Pri Utami menjelaskan, air panas bumi (brine) dioperasikan oleh PT Geo Dipa Energi (Persero) untuk memasok energi listrik sebesar 60 MW ke dalam jaringan Jawa–Bali. 

Ia menuturkan brine yang telah diekstrak energinya kemudian diinjeksikan kembali ke dalam reservoar sistem panas bumi. Menurutnya brine di Dieng mengandung silika dalam konsentrasi yang tinggi dan zatzat lainnya sebagai produk sampingan panas bumi. 

Pri Utami menuturkan silika membentuk endapan yang selama ini dianggap sebagai limbah. Padahal endapan silika beserta  unsurunsur penyertanya itu bermanfaat bagi tanaman. 

Ia menjelaskan proses mengolah silika dan unsurunsur penyertanya  menjadi booster cair itu  menggunakan teknologi nano partikulat.   Uji coba pada lahan pertanian di Dieng.

Panen perdana pada demplot tanaman kentang di dusun Krajan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah pada 5 Juli 2024 atau bertepatan dengan hari ulang tahun PT Geo Dipa Energi (Persero) ke-22. 

Booster alami itu jenama Sulasih-Sulanjana.   Menurut Pri Utami, pemilihan nama tersebut mengakar pada kearifan lokal yang  tersirat pada tembang pengiring Tari  Lengger.  Bermakna mengelola sumber daya dengan tetap menjaga kelestarian alam. 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img