Wednesday, February 8, 2023

Pengembangan Sapi Wagyu di Kabupaten Gowa

Rekomendasi

Trubus.id — Sapi wagyu mulai dikembangkan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang pertama mengembangkan sapi wagyu.

Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa, mengatakan, program pengembangan sapi wagyu ini merupakan program jangka panjang. Pasalnya, hingga saat ini pemenuhan daging sapi wagyu yang ada di Indonesia masih mengandalkan impor dari Jepang.

“Daging wagyu itukan terkenal dari Jepang dan salah satu daging premium. Kenapa tidak kita mencoba untuk mengembangbiakkan di Kabupaten Gowa dan itu kita mulai hari ini,” kata Adnan.

Melansir dari laman Kementerian Pertanian, Adnan menyebut Kabupaten Gowa memiliki dua tipologi yang cocok untuk melakukan pengembangan sapi wagyu ini, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

Menurutnya, jika program pengembangan sapi wagyu berjalan dengan baik, Indonesia tepatnya di Kabupaten Gowa, akan memiliki sapi wagyu yang dipercaya sebagai daging premium.

“Ke depannya kita tidak perlu mengimpor daging dari Jepang, cukup seluruh Indonesia datang ke Gowa membeli sapi daging wagyu,” papar Adnan.

Sementara itu, Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, mengatakan, pengembangan sapi wagyu telah lama diserukan Kementan agar pemerintah daerah dapat mendorong dan mengimplementasikannya.

Namun, hanya pemerintah Kabupaten Gowa yang mampu dan memiliki komitmen tersebut sehingga langkah pemerintah Kabupaten Gowa saat ini yang mengembangkan sapi wagyu patut diberikan apresiasi.

“Ini suatu terobosan yaitu pengembangan sapi berkualitas,” kata Nasrullah.

Nasrullah menegaskan Kementan akan terus mengawal pengembangan sapi wagyu di Kabupaten Gowa, mulai dari bantuan sperma, pendampingan budidaya hingga pemasarannya.

Kementan nantinya juga akan mendorong pedagang ataupun asosiasi untuk membeli sapi wagyu yang dihasilkan di Kabupaten Gowa. Jika semuanya sudah berjalan optimal, pihaknya akan mengambil kebijakan menahan impor daging sapi wagyu dari negara lain.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kementan Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Kopi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mendorong upaya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada komoditas tanaman...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img