Tuesday, July 23, 2024

Periset BRIN Rakit Dua Tebu Baru untuk Lahan Kering

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pemulia tebu di Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan, Organisasi Riset Pertanian dan Pangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. (R) Dr. Ir. Bambang Heliyanto, M.Sc., merakit varietas unggul tebu rendemen tinggi yang lebih sesuai untuk lahan kering.

Bambang berhasil mengidentifikasi dua klon unggul tebu. Pemerintah pun merilis tebu anyar bernama PSMLG 1 Agribun dan PSMLG 2 Agribun pada 2019.

Bambang menuturan kedua varietas itu lahir dari hasil persilangan seri D pada 2005—2006. Melibatkan tetua proven parents dengan produktivitas dan rendemen tinggi.

Lebih lanjut  ia menuturkan pascapersilangan, dengan metode seleksi kombinasi antara seleksi famili dan seleksi individu, ia memeroleh  330 klon potensial rendemen tinggi dan mempunyai daya kepras baik.

Dari klon sebanyak itu, hasil seleksi individu yang berkelanjutan di lahan kering tadah hujan mengidentifikasi 16 klon tebu harapan.

Bambang menuturkan pada uji adaptasi di 10 lokasi, dua klon harapan PS 05-370 (yang diusulkan menjadi PSMLG 1 Agribun) dan PS 06-103 (diusulkan menjadi PSMLG 2 Agribun) menunjukkan hasil terbaik.

“Produktivitas dan rendemen konsisten tinggi serta berpotensi menjadi salah satu pilihan pekebun,” tutur Bambang.

Pada  lahan kering tadah hujan dengan spesifikasi inceptisol C3, produksi hablur kedua klon itu meningkat sebesar 19—35%.

Oleh sebab itu, kedua klon itu terpilih dan menjadi varietas unggul baru melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian Nomor 23/Kpts/KB.020/2/2019 tentang Pelepasan Tebu Varietas PSMLG 1 dan SK Nomor 24//Kpts/KB.020/2/2019 tentang Pelepasan Tebu Varietas PSMLG 2.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img