Saturday, April 13, 2024

Pesona Beragam Dahlia Hibrida Baru Hasil Persilangan Tanaman Introduksi Yang Adaptif

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Kombinasi warna merah, jingga, dan kuning membuat mahkota bunga dahlia itu amat seronok. Susunan petalnya bertumpuk dan roset. Kuncup bagian tengah yang belum mekar terlihat merah kecokelatan.

Saat dipegang, tangkai bunga keras yang menandakan salah satu ciri bunga potong unggul. Susunan petal pada mahkota bunga mirip salah satu indukan yakni dahlia ferncliff illusion dari Belanda.

Warna mahkota cenderung mirip dengan tanaman dahlia lokal yang diduga sebagai induk jantan dengan mahkota merah dan kuning. Dahlia baru itu 2 kali menjalani uji tanam. Hasilnya menunjukkan karakter yang sama sekali tidak berubah alias stabil. 

Itulah dahlia baru milik Nurul Akriliyati S. Sn., M. Sn., di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang menyilangkan dahlia dengan persilangan alami (open pollination). Pemulia di Greenarium—nama farm milik Nurul Akriliyati— Khairul Afandi, S.P., mengatakan, warna baru yang indah muncul dari kedua indukan pemilik gradasi warna yang hampir sama.

Artinya dua warna tidak saling bertubrukan. Contoh penggabungan merah dengan kuning menciptakan jingga atau gradasi dari merah kekuningan.  Nurul mendatangkan 2 bibit ferncliff illusion berupa umbi pada Maret 2022.

Diameter mahkota bunga tanaman introduksi itu 20— 25 cm saat mekar sempurna. Kombinasi ungu muda dan putih menciptakan nuansa bunga terlihat lembut. Tumpukan petal berbentuk roset. Sekilas mahkota bunga terlihat seperti lili air.

Sebenarnya terdapat 5 dahlia impor lain dalam waktu bersamaan saat Nurul mendatangkan ferncliff illusion. Jenis meliputi dazzling magic, cotton hill candy, kevin floodlight, colorado classic, dan shaggy chic.

Namun, tanaman dahlia yang paling adaptif jenis ferncliff illusion. Pada Februari 2023, Nurul juga mengimpor dahlia baru dari Belanda. Ia mendatangkan umbi dahlia jenis penhill watermelon. Mahkota bunga dengan warna merah muda terlihat sangat cantik.

Bentuk petal terlihat sedikit keriting pada lapisan paling bawah. Petal yang baru muncul terlihat lurus dan sedikit cekung pada bagian tengah. Susunan petal bunga bertumpuk dan roset. Dahlia penhill watermelon merupakan salah satu jenis yang adaptif juga.

Khairul pernah memanen hingga 29 umbi pada satu tanaman saat usai berbunga.  Adapun jenis lain dahlia jowey winnie. Bentuk petal bunga terlihat berbeda.

Pada bagian tengah yang masih kuncup terlihat susunan dalam bentuk lembaran. Saat berbunga bentuk petal menggulung. Seolah terlihat seperti bunga palsu dari kertas merah. Warna merah membuat bunga terlihat lebih tegas.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img