Monday, November 28, 2022

Pleco Baru di Ujung Maut

Rekomendasi

 

Hypancistrus berkode L-400 itu semula hidup di bebatuan dan lindungan pohon tumbang di kedalaman 10-20 m. Bendungan raksasa yang sebagian sudah beroperasi kelak akan menaikkan ketinggian air di sungai-sungai Amazon sampai 100 m. Akibatnya, ikan unik itu bakal tewas. Padahal, itulah salah satu pleco yang menjadi incaran hobiis dunia. Coraknya sama cantik dengan Zebra peckolitia. Keduanya berpola warna belang-belang hitam dan putih. ‘Jenis ini incaran para kolektor pleco di Singapura,’ ujar Yonghua Liang, kolektor di Negeri Singa itu.

Yonghua dan Herman Oei, kolektor di Tangerang, pantas khawatir dengan keberadaan L-400. Saat ketinggian air sungai naik sampai 100 m, pleco akan sulit mendapat oksigen terlarut. ‘Sifat pleco yang berenang di dasar sungai menyulitkan ia untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan,’ kata Herman Oei.

Golden king tiger

Nasib serupa juga bakal menerpa jenis pleco seperti golden king tiger. Anggota keluarga Loricariidae itu masuk rambu-rambu kuning. Pasalnya, sungai Rio Xingu di Porto de Moz yang menjadi kediaman goldline turut diubah menjadi bendungan. Pleco sepanjang 16 cm itu hidup di balik kayu dan batu pada kedalaman 20 cm. Tak heran, untuk menangkapnya harus satu per satu dengan cara membalikkan batu. Berbeda dengan Rineloricaria melini. Pleco yang kerap ditemukan di dasar Sungai Rio Negro itu menyukai aliran air yang tenang. Melini dapat berkembangbiak dalam air lunak ber-pH 4,5-6,5.

Jenis-jenis lain yang terancam seperti sao felix red fin, queen arabesque, dan king tiger pleco kini mulai dikumpulkan kolektor di tanahair. ‘Jenis-jenis baru itu mulai ditangkarkan,’ kata Herman. Jadi saat bendungan Belo Monte beroperasi penuh, kecantikan pleco tetap dapat dinikmati. (Lastioro Anmi Tambunan)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img