Produksi Padi Meningkat 25%, Pekebun di Kabupaten Garut Pakai POC Mengandung Asam Amino

0
poc asam amino
Petani padi di Desa Mandalaherang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Jajang Bahtiar. Foto : Dede Rizky Permana

Trubus.id—Pupuk organik cair (POC) lemak hewani mengandung asam amino meningkatkan hasil panen padi. Itulah yang Jajang Bahtiar rasakan. Hasil panen padi milik Jajang meningkat 25%. 

Semula hasil panen padi paling banter 8 kg gabah kering panen (GKP) per tumbak. “Kini hasil panen minimal 10 kg per tumbak,” kata Jajang.

Luasan sawah Petani  padi di Desa Mandalaherang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, itu 100 tumbak setara 1.400 m2 sehingga hasil panen bisa 1 ton GKP. Harga jual padi rerata RP5.000 per kg GKP. Artinya omzet perniagaan padi Rp5 juta per 1.400 m2.  Semula omzet hanya Rp4 juta di lahan sama.

Jajang tertarik menggunakan POC yang mengandung asam amino  sejak akhir 2022.  Pasalnya ia melihat pertumbuhan padi di salah satu demonstrasi plot (demplot) di Kecamatan Pameungpeuk tumbuh sentosa setelah menggunakan POC lemak hewani mengandung asam amino.

“Sejatinya saya sudah coba POC berbahan nabati. Melihat pertumbuhan di demplot bagus saya tertarik menggunakan POC Trubus yang berbahan lemak hewani,” kata ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Putra Mandala itu.

Pada awal 2023 Jajang menguji coba POC lemak hewani mengandung asam amino itu. Ia menggunakan POC Trubus di sawah seluas 70 tumbak (980 m2 ). “Pada musim tanam perdana hasilnya masih sama dengan konvensional, rerata 8 kg GKP per 14 meter persegi,” kata Jajang.

Menurut Jajang pada musim tanam perdana sejatinya bisa panen dengan hasil konvensional saja sudah bagus. Pasalnya di beberapa titik sawah terdapat serangan wereng dan ada pula tanaman kerdil karena terserang virus.

“Setelah rutin mengaplikasikan POC Trubus serangan wereng dan gejala kerdil teratasi. Wereng pergi dan tanaman yang semula kerdil bisa tumbuh optimal,” kata ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Pameungpeuk itu.

Pada musim tanam kedua dan ketiga barulah terlihat peningkatan hasil panen menjadi 10 kg GKP di luasan lahan sama. “Selama budidaya hanya menggunakan POC Trubus,” kata petani berumur 62 tahun itu.

Selain panen meningkat dan minim serangan hama  pertumbuhan tanaman juga optimal. Selengkapnya pada Majalah Edisi 654 Mei 2024 mengupas tuntas POC Asam Amino : Panen Melonjak Hngga 100%. 

Dapatkan Majalah Trubus Edisi 654 Mei 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.