Pelipat Ganda Omega 3

0
telur omega 3
: Prof. Iman Rahayu memasarkan 7.000 telur omega-3 dengan jenama D’Premium Egg itu melalui loka pasar dan agen per bulan. (Dok. Iman Rahayu)

Trubus.id—Achmad Taif Umar rutin memasok 1 ton telur ayam ras omega-3 saban hari. Pasokan itu dari populasi 24.000 ekor termasuk pullet. “Pernah uji laboratorium, kandungan omega-3 dua kali lipat daripada telur biasa,” kata peternak di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, itu.

Harga telur omega-3 itu Rp29.000 per kg pada 6 Maret 2024. Harap mafhum Taif menyasar konsumen di pasar tradisional sehingga harga lebih terjangkau. Untuk menekan harga itu, Taif memproduksi pakan sendiri.

Alasannya biaya produksi terbesar dalam usaha peternakan yakni pakan sekitar 70% dari total biaya. Ia mencampurkan jagung, dedak, soybean meal, dan biji batu keramik sebagai bahan baku pakan. Ia juga menambahlan suplemen pakan yang mengandung mineral dan vitamin organik.

“Pakan yang mengandung suplemen untuk meningkatkan omega-3 menjadi kunci menghasilkan telur bergizi itu,” kata pemilik Rajawali Farm itu. Suplemen itu bisa berasal dari minyak-minyakan seperti minyak limbah kepala udang.

Dengan pakan campuran sendiri, Taif masih memperoleh nilai rasio konversi pakan atau feed conversion ratio (FCR) 2—2,2 atau standar FCR ayam  ayam petelur.  Telur omega-3 produk Rajawali Farm itu pun selalu terserap pasar.

Menurut Taif konsumen menginginkan kandungan omega-3 lebih tinggi lagi hingga 3 kali lipat bahkan lebih. Sejatinya Taif dapat meningkatkan kandungan omega-3 itu. Salah satunya dengan pakan suplemen ayam ras petelur kreasi Prof. Dr. Ir. Iman Rahayu Hidayati Soesanto, M.S.

Dosen di Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB), itu membuat formula suplemen omega-3 dengan pemanfaatan limbah ikan lemuru (Sardinella sp.) dan ampas tahu. Minyak ikan lemuru menurunkan kolesterol telur dan meningkatkan omega-3.

Sementara ampas tahu sebagai pengisi (filler). Konsentrasi setiap bahan itu merupakan hak paten dari inovator dan sudah dipatenkan dengan No. ID P 0023652. Penambahan suplemen itu meningkatkan kandungan docosahexaenoic acid (DHA) 10 kali lipat lebih tinggi.

Selain itu eicosapentaenoic acid (EPA) 2,4 kali lipat lebih tinggi. Keunggulan lain telur omega-3 bikinan Iman Rahayu itu rendah kolesterol yakni 108 mg dengan total asam lemak omega-3 sebesar 20,88 mg.