Monday, August 8, 2022

Pupuk Urine dan Biodinamik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

1. Pembuatan pupuk urine hewan
a. Bagaimana proses pembuatan pupuk urine? Bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan berapa komposisinya?
b. Di antara beberapa urine hewan seperti sapi, kambing, kerbau, kelinci, atau hewan lain, manakah yang paling baik untuk digunakan?
c. Kandungan apa yang terdapat dalam pupuk urine ini? Berapa jam pupuk ini akan bereaksi setelah diaplikasikan pada tanaman dan dapat bertahan berapa lama sampai pemupukan berikutnya?
d. Apakah pupuk urine dapat berfungsi sebagai penolak hama tanaman? Informasi yang saya dapatkan ia bisa mencegah wereng pada tanaman padi.
e. Apakah penggunaannya dapat digabungkan dengan pupuk jenis lain?
f. Apakah pupuk urine ini bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman keras seperti durian dan petai?
g. Dari trubus-online saya baca untuk membuat pupuk urine diperlukan cairan biotani. Apakah yang dimaksud cairan biotani?

2. Proses pembuatan pupuk biodinamik
Pupuk biodinamik pernah dijelaskan sangat cocok untuk meningkatkan kesuburan tanah di tempat saya (kebun, ladang, dan sawah).
a. Bagaimana proses pembuatan pupuk biodinamik?
b. Bagaimana cara penerapannya pada tanaman dan berapa interval waktu pemupukannya?
c. Apakah pupuk ini hanya digunakan untuk sayuran saja atau juga untuk tanaman keras?
d. Apakah ada jenis pupuk terbaru yang lebih bagus selain pupuk biodinamik?
e. Dalam bendel Trubus pernah dijelaskan adanya bahan preparasi No. 502, 503, 504 dan 507. Di mana saya bisa mendapatkan bahan yang dimaksud? Kalau misalnya bahan tersebut tidak ada, apakah bisa diganti dengan bahan preparasi jenis lain seperti EM4?

Ib. Sri Sudaryanti
Ruang HD RSUD Kab. Pekalongan
Jl. Veteran No. 31 Pekalongan

Yos Sutiyoso

1. a. Urine cukup dikumpulkan dari ternak.
b. Secara teoritis semuanya sama baiknya, tetapi yang paling praktis dalam pengumpulannya adalah dari ternak sapi yang dikandangkan.
c. Kandungan utama dalam urine adalah N-amonium. Reaksinya pada tanaman kurang lebih setelah sehari semalam. Ia dapat bertahan lama bila terikat oleh koloid tanah yang bermuatan negatif. Pemupukan susulan dapat dilakukan sebulan kemudian.
d. Urine bukan insektisida atau repelen sehingga tidak dapat digunakan sebagai penolak hama tanaman.
e. Pupuk urine dapat digabungkan dengan pupuk jenis lain.
f. Pupuk urine dapat meningkatkan produktivitas tanaman keras, karena memberi unsur hara N dalam bentuk kation ammonium. Karena muatannya positif, maka N akan terfi ksasi oleh koloid tanah di lapisan atas dan tidak dapat mencapai akar di lapisan tanah yang lebih dalam.
g. Mengingat urine adalah suatu bahan organik (terdapat unsur C dalam rumus kimianya) dan hanya dapat terurai oleh enzim urease yang dihasilkan oleh mikroorganisme, maka diperlukan cairan tidak steril yang mengandung mikroorganisme sebagai inokulan.

 

2. a. Biodinamik adalah suatu sistem intensifi kasi pertanian yang banyak menggunakan pupuk organik (pupuk kandang dan limbah pertanian lainnya yang telah dikomposkan).
b. Kompos digunakan pada awal kultivasi tanah. Sebagai susulan ia tidak begitu efektif, karena tidak berada di sekitar perakaran.
c. Kompos bisa digunakan untuk semua tanaman hortikultura.
d. Semua pupuk yang ada di pasaran sekarang pasti lebih baik dari kompos yang dibuat tahun 1991.

e. Silakan menggunakan EM4 dengan mengikuti petunjuk. **

Previous articleUlar Palsu
Next articleVol. 03 Adenium
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img