Friday, May 24, 2024

Buahkan Sirsak

Rekomendasi
- Advertisement -
Foto; Gun Sutopo
Foto; Gun Sutopo

Saya memiliki beberapa tanaman buah di halaman rumah. Saya ingin tanaman buah itu dapat berbuah lebat sepanjang musim. Berikut pertanyaan saya berkaitan dengan perawatan tananam buah di halaman rumah:

  1. Saya mempunyai pohon sirsak dan sudah berbunga. Namun, bunganya mudah rontok. Bagaimana mengatasi agar bunga tidak rontok dan menjadi buah?
  2. Pupuk apa saja yang harus diberikan untuk membuahkan tanaman di luar musim atau tanpa mengenal musim? Apakah ada merek tertentu yang bagus?
  3. Saya ingin pohon buah-buahan di rumah tumbuh subur dan berbuah. Apakah cukup dengan pupuk kandang dan NPK? Adakah perawatan lain?
  4. Saya juga memiliki tanaman cabai rawit dan berbunga. Namun, daunnya terserang hama dan mengering. Bagaimana cara mengatasinya?

Hermawaan Hadiwijaya
Jl Jagasatru No 2 A
Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat

  1. Bunga sirsak rontok karena kematangan putik dan serbuk sari berbeda waktu. Putik bunga sirsak siap dibuahi sebelum serbuk sari belum siap, dan ketika serbuk sari siap, putik sudah mengering, sehingga perlu dilakukan penyerbukan dari bunga yang mekar lebih dahulu. Masalahnya bila tidak ada serangga penyerbuk akibatnya tidak terjadi penyerbukan yang terbentuk dan bunga akhirnya gugur. Oleh karena itu perlu bantuan penyerbukan buatan dengan cara mengambil bunga sirsak yang bunganya mulai pecah diinapkan semalam. Keesokan paginya digunakan untuk menyerbuki putik yang akan pecah. Hasil terbentuk buah yang relatif bulat sempurna.
  2. Pembungaan pada dasarnya terjadi setelah terjadi perubahan hormonal yang dicirikan meningkatnya nisbah karbon/nitrogen. Pupuk yang rendah nitrogen dan tinggi unsur lain yang mendorong produksi karbon seperti fosfor dan kalium sangat sesuai bagi upaya pembungaan. Tidak ada merek yang cespleng untuk merangsang pembuahan, silakan lihat komposisi di tabel kemasan. Namun, ada beberapa zat perangsang pembungaan untuk beberapa tanaman, seperti paclobutrazol untuk mangga dan kalium klorat (potash) untuk lengkeng.
  3. Penanaman tanaman buah di sekitar rumah perlu didukung dengan pupuk kandang dan NPK yang cukup, dan dolomit atau kapur pertanian. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari. Sebab, penanaman buah di sekitar rumah sering mengalami keterbatasan sinar matahari sehingga tidak tumbuh baik. Perawatan yang dibutuhkan tentu saja pemangkasan ranting dan daun yang rusak dan berlebihan, pengendalian hama dan penyakit, pengairan dan perawatan buah (pembungkusan, penjarangan).
  4. Upaya pertama dapat dilakukan dengan penanaman bunga tagetes di sekitar tanaman untuk menarik serangga agar tidak masuk kebun. Bisa tambahkan aplikasi kapur barus untuk mengusir serangga. Bila belum berhasil baru gunakan insektisida yang sesuai dosis anjuran.***
Previous article
Next article
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img