Wednesday, February 8, 2023

Rachmad Hidayat, Raup Omzet Rp3 Juta per Hari dari Jualan Es Semut

Rekomendasi

Trubus.id — Kreativitas dalam berjualan bisa membuka jalan rezeki bagi setiap orang yang mau berusaha. Itu pula yang dilakukan oleh Rachmad Hidayat, S.Kom., penjual es semut, olahan susu. Rachmad mampu mendapatkan omzet Rp3 juta per hari.

Ia menjual produk olahan es susu kemasan 100 ml siap konsumsi yang diberi merek Es Semut. Menurut Rachmad, Es Semut kepanjangan dari es susu enak mung kari ngenyot (bahasa Jawa: es susu enak dan tinggal menikmati) yang berarti es susu enak tinggal santap.

Ia memasarkan produk seharga Rp3.000 per kemasan itu ke kantin sekolah dasar (SD) di Banyuwangi. Tujuannya, menyediakan jajanan sehat dan ekonomis bagi anak-anak.

“Satu sekolah menyerap 100 kemasan per hari,” kata warga Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, itu.

Kini penjualan Es Semut produksinya sudah menjangkau 10 sekolah. Artinya, permintaan per hari mencapai 1.000 kemasan pada hari kerja. Permintaan lain datang ketika akhir pekan, tetapi bukan Es Semut.

Rachmad mengemas susu murni pasteurisasi beragam rasa itu pada kemasan botol bervolume 250 ml dan 350 ml. Ia menjual 200 botol susu pada acara hari bebas kendaraan (car free day). Harga jual susu kemasan 250 ml Rp8.000, sedangkan yang 350 ml seharga Rp12.000.

Dengan kata lain, ada omzet tambahan sekitar Rp2 juta setiap akhir pekan. Total pendapatan Rachmad dari penjualan susu mencapai Rp5 juta per pekan setara Rp20 juta sebulan.

Sebetulnya, pendapatan pria berumur 33 tahun itu bisa lebih besar. Alasannya, ada permintaan 70–200 liter susu per pekan dari Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang belum terpenuhi.

Rachmad mulai mengolah susu sapi sejak 2014. Ia berencana memperbesar skala usahanya agar bisa menyerap susu lebih banyak dari para peternak. Hal ini karena produksi olahan susu masih skala rumah tangga sehingga kapasitas terbatas.

“Saat ini kami mengantongi izin nomor kontrol veteriner (NKV). Untuk mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah tinggal dan rumah produksi mesti terpisah,” kata Rachmad.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Sukses Budidaya Lele agar Menguntungkan

Trubus.id — Budidaya lele tak semudah yang dipikirkan. Beberapa kendala akan ditemui saat seseorang sudah mulai terjun di peternakan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img