Sunday, July 21, 2024

Sederet Keunggulan Avokad Jumbo dari Pasuruan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Avokad atau biasa dikenal alpukat merupakan salah satu buah yang banyak diminati oleh masyarakat. Lazimnya, konsumen memilih avokad karena keunggulannya, baik dari segi ukuran maupun rasa. Salah satu daerah yang memiliki avokad unggul adalah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di sana terdapat dua avokad unggul berukuran jumbo, yaitu avokad MD dan Dayu.

Avokad MD

Penemu avokad MD adalah Wahyu Nur Cahyo, seorang pembibit sekaligus pedagang di Pasuruan. Nur Cahyo pertama kali menemukan avokad MD pada 2015.

Perihal penamaan avokad MD, Wahyu menjelaskan, hal itu terinspirasi dari nama seorang pengepul buah. “Nama pengepul itu Marsudi, ia sangat suka avokad ini. Jadi, penamaan avokad MD adalah singkatan dari Marsudi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nur Cahyo menjelaskan avokad MD memiliki beragam keunggulan. Di antaranya, berat buah berukuran jumbo mencapai 800–1000 gram per buah. Selain itu, mempunyai daging buah yang cukup tebal, mencapai 3,37 cm. Bobot dan daging buah yang tebal membuat siapa pun akan terasa kenyang saat mengonsumsinya.

Avokad MD (Trubus/Wahyu Nur Cahyo)

Kelebihan lain, daging buah avokad MD bisa dikonsumsi sampai 86%. Avokad MD semakin sempurna karena memiliki rasa buah khas, mulai dari manis, gurih, pulen, dan dagingnya lumayan kering. Tekstur avokad berdaging buah kering sangat diminati konsumen.

Pekebun yang berminat menanam avokad MD bisa memanen buah perdana pada usia 5 tahun, sejak tanam dari biji. Biasanya, saat panen perdana, rata-rata per pohon avokad MD mampu menghasilkan 90 buah.

Avokad Dayu

Avokad jumbo lainnya dari Pasuruan adalah avokad Dayu. Nur Cahyo pertama kali menemukan tanaman avokad itu di lokasi dekat tempat wisata di Pandaan, Pasuruan, yang bernama Taman Dayu. Lokasi itu yang menginspirasinya menamai avokad itu menjadi avokad Dayu.

Nur Cahyo mengatakan avokad Dayu memiliki bentuk khas buah memanjang. Berat buah avokad dayu mencapai 802 gram dengan ketebalan daging buah 3,46 cm.

Keunggulan lain, konsumen bisa mengonsumsi daging buah hingga 84%. “Daging avokad Dayu berwarna kuning tua dan tidak berserat,” jelasnya. Karakteristik avokad Dayu antara lain warna kulit buah hijau, lalu akan berubah kekuningan saat matang, tekstur kulit mudah untuk dikupas. Avokad Dayu memiliki rasa kombinasi manis dan gurih.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

PFI dan Tanoto Foundation Luncurkan Buku Kolaborasi untuk Negeri

Trubus.id—Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) bersama Tanoto Foundation dan Klaster Filantropi Pendidikan melalui  Philanthropy Thought Leaders (PTL) ke-15 menyelenggarakan peluncuran...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img