Monday, August 8, 2022

Super Oranye Mutu Super

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Berwarna seronok, manis, renyah, dan gampang berbuah.

Nangkadak super oranye memiliki daging buah jingga menyala.
Nangkadak super oranye memiliki daging buah jingga menyala.

Sebutan untuk buah nangkadak—akronim nangka dan cempedak—itu super O alias super oranye. Daging buah nangkadak besutan Taman Wisata Buah Mekarsari (TWBM) di Bogor, Jawa Barat, itu memang tampak jingga menyala. Sekilas warnanya menyerupai kulit buah jeruk sunkist. Penampilan yang seronok itu menggoda mata. Apalagi penikmat pun mudah mengambil nyamplung atau daging buah yang menyelimuti biji.

Sebab, nangkadak itu berkulit tipis dan berdami sedikit. Ketika buah terbelah puluhan nyamplung berkumpul di empulur buah. Bukan itu saja keistimewaan super oranye. Buah hasil persilangan antara nangka dan cempedak itu juga menawarkan citarasa jempolan. Aroma buah lembut cenderung mirip nangka. Daging buah tebal, renyah, dan sangat manis. Pengukuran menggunakan refraktometer menunjukkan kadar kemanisannya mencapai 30° briks.

Hasil seleksi
Bagian buah yang bercitarasa manis itu bukan hanya daging buah, tetapi menjalar hingga ke bagian dami. Itu sebabnya dami super oranye pun bisa dikonsumsi. Bobot super oranye tergolong pas, tidak terlalu berat atau ringan, sekitar 5—6 kg. Buah berbentuk silindris berkulit hijau kekuningan, tanda buah matang. Menurut asisten manajer agro TWBM, Ir AF Margianasari, super oranye berbeda dengan nangkadak yang sudah beredar luas di masyarakat.

“Perbedaan mencolok tentu saja warna daging buah lebih jingga dan tidak lembek,” ujar Riris, sapaan AF Margianasari. Kelahiran super oranye tentu saja melalui serangkaian penelitian untuk mendapatkan tanaman yang berkarakter unggul. Nangkadak anyar itu merupakan hasil serangkaian pengamatan TWBM sejak 15 tahun silam. Tim TWBM menemukan super oranye dari persemaian ratusan biji nangkadak.

Super oranye bertekstur renyah dan sangat manis.
Super oranye bertekstur renyah dan sangat manis.

Proses seleksi vegetatif hanya mampu meloloskan 30 individu. “Ketiga puluh individu itu memiliki pertumbuhan yang bagus,” ujar Riris. TWBM melanjutkan pengamatan untuk mendapatkan buah nangkadak yang berkualitas unggul. Rupanya dari puluhan tanaman yang terdapat 1 individu yang memiliki daging buah elok dan bercitarasa enak. Riris menuturkan super oranye merupakan nangkadak generasi baru yang hadir untuk memperbaiki sifat nangkadak sebelumnya.

Peneliti yang membidani kelahiran nangkadak adalah Gregori Garnadi Hambali. Pakar Botani alumnus Universitas Birmingham, Inggris, itu menyilangkan induk betina nangka mini dan induk jantan cempedak pada 2000 yang melahirkan nangkadak. Popularitas nangkadak langsung meroket sejak pertama kali diperkenalkan pada 2004. Masyarakat sangat antusias untuk mengembangkan nangkadak.

“Nangkadak merupakan kombinasi karakter unggul nangka dan cempedak,” ujar Riris. Nangka mewariskan karakter daging buah tebal, renyah, dan manis pada nangkadak. Adapun cempedak menitiskan penampilan buah bergetah sedikit dan nyamplung yang gampang diambil. Sejak berbuah perdana pada 2011, super oranye menunjukkan kestabilan produksi. Tanaman mampu berbuah tanpa upaya penyerbukan buatan.

Rasio jantan betina
Buah super oranye pun terisi banyak nyamplung. Selain itu kemampuan adaptasi tanaman cukup baik. “Super oranye bisa tumbuh di dataran rendah hingga menengah,” ujar Riris. Perawatan tanaman pun relatif gampang. Super oranye membutuhkan 30 kg pupuk kandang setiap 6 bulan untuk asupan nutrisi tanaman berumur kurang dari 3 tahun. Pekebun sebaiknya menambahkan 300 gram pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 15:15:15 per tanaman setiap 3 bulan.

Nangkadak super oranye mampu berbuah tanpa bantuan penyerbukan.
Nangkadak super oranye mampu berbuah tanpa bantuan penyerbukan.

Dosis pupuk kandang lebih banyak, 60 kg saat tanaman berumur 3 tahun. Sementara pupuk NPK menjadi 0,5 kg. Adapun frekuensi pemberiannya tetap sama. Riris menuturkan super oranye potensial untuk dikembangkan sebab memiliki beragam keunggulan. Respons masyarakat terhadap kehadiran super oranye pun sangat baik. Kini TWBM giat memperbanyak bibit super oranye dari hasil perbanyakan sambung susu.

Teknik itu dipilih sebab peluang hidup lebih tinggi dan cepat tumbuh. Pohon nangkadak berbuah perdana saat berumur 3 tahun. Jika nangkadak super oranye berbuah stabil sejak panen perdana, sebaliknya nangkadak lain berbeda. Kualitas buah pada panen perdana belum stabil. Kasus yang sering muncul jumlah nyamplung sangat sedikit. Maklum pohon muda masih pendek sehingga serangga penyerbuk enggan datang. Bantuan manusia sangat berguna bagi tanaman untuk membantu penyerbukan.

Dengan cara itu nangkadak berisi banyak nyamplung. Greg Hambali menuturkan, kasus nangkadak dengan jumlah nyamplung sedikit itu bisa terjadi karena beragam faktor. Setiap tanaman butuh bantuan alam seperti angin atau serangga agar terjadi penyerbukan. Begitu pula pada nangkadak. “Nangkadak yang ditanam di lingkungan miskin agen penyerbuk butuh bantuan manusia agar berbuah optimal,” ujar Greg Hambali.

Bobot super oranye sekitar 5—6 kg per buah.
Bobot super oranye sekitar 5—6 kg per buah.

Serangga menjadi agen penyerbuk terbaik bagi nangkadak sebab mampu bergerak lincah dari satu bunga ke bunga lain. Menurut peneliti di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Dr Ir Lutfi Bansir MP, nangkadak sangat memerlukan bantuan manusia agar terjadi penyerbukan. Sebab komposisi bunga jantan dan bunga betina tidak sebanding.

Pengamatan Lutfi ketika mengamati bunga-bunga nangkadak menunjukkan, dalam satu pohon komposisi bunga betina dan jantan tidak imbang yakni 90% dan 10%. Itu sebabnya peluang penyerbukan secara alami sangat sedikit. Kondisi itu berbeda dengan nangka dan cempedak. Pada nangka jumlah bunga jantan dan betina masing-masing 80% dan 20%. Adapun cempedak komposisinya 50% dan 50%. Gambarannya bunga betina dikerubungi oleh banyak pejantan sehingga peluang keberhasilan penyerbukan lebih tinggi. Hasilnya, tanaman berbuah lebat dan berisi banyak nyamplung. (Andari Titisari)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img