Monday, November 28, 2022

Tahap-tahap Panen Madu

Rekomendasi

Begitu kotak kayu berukuran 40 cm x 40 cm x 20 cm itu dibuka, dengung lembut terdengar di telinga. Ribuan lebah tampak bergerombol berebutan keluar sarang. Beberapa terbang berputar-putar mengitari kotak kayu, seperti mempertanyakan mengapa rumah mereka dibongkar. Namun, lebah-lebah itu tak kuasa melawan lantaran asap pembakaran melemahkan mereka. Tak lama berselang, sepasang tangan mengentakkan sisiran sarang penuh madu dan mengangkatnya.

Panen dilakukan bila sisiran sarang berisi madu telah tertutup lilin. Itu terlihat setelah sisiran sarang dientakkan dan lebah jatuh ke dasar kotak. Bila lebah masih tersisa, bersihkan sisiran dengan sikat lebah. Maka terlihatlah ribuan sel sarang penuh madu. Sebagai patokan, panen bisa dilakukan bila lebih dari 1/3 sel sarang tertutup lilin. Saat itu kadar air madu kurang dari 20% sehingga siap dipanen.

Agar madu lancar diambil, lilin penutup sel sarang dikupas dengan pisau bersih. Sisiran tanpa lilin dimasukkan ke dalam ekstraktor. Satu ekstaktor memuat 4 sisir. Madu “diperas” keluar dari sel dengan memutar tungkai pada ekstraktor. Cairan manis yang tumpah ke dasar lantas ditampung dalam drum dengan membuka keran. Setelah itu madu pun siap dikonsumsi.

Keterangan gambar:

  1. Kotak isi madu siap dipanen
  2. Mengupas lilin dengan pisau
  3. Memutar lilin dengan ekstraktor agar madu terpisah
  4. Menempatkan madu di wadah

1stupsiapanen
2keroklilinpiso
3ekstraktor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4panci

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img