Wednesday, February 8, 2023

Tanggapan Ahli Terhadap Manfaat Lampu untuk Tanaman Hias

Rekomendasi

Trubus.id — Banyak pehobi yang mulai gemar memelihara tanaman hias di dalam ruangan. Tentu kehadiran tanaman hias di ruangan menambah nilai keindahan di ruangan itu sendiri. Bahkan, pehobi menambah lampu sebagai pendukung tanaman tumbuh sehat. Kok bisa? Berikut penjelasannya dari ahli.

Menurut Ir. Retno Mastuti, M.Agr. Sc., Dr.Agr.Sc., ahli fisiologi tumbuhan dari Universitas Brawijaya, warna lampu memiliki spektrum cahaya tertentu. Retno mengatakan, warna lampu memberikan pengaruh berbeda pada pertumbuhan tanaman. Jenis pigmen yang terkandung pada tanaman menentukan warna.

“Pigmen bisa tertangkap oleh mata kita karena merefleksikan cahaya dengan panjang gelombang yang tidak diabsorbsi atau diserap oleh tanaman,” kata doktor Biologi alumnus School of Agricultural and Natural Sciences, Nagoya University, Jepang itu.

Selain itu, lampu juga memiliki spektrum cahaya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Menurut Retno, spektrum cahaya yang paling banyak diserap oleh tanaman adalah cahaya berwarna oranye—merah dan juga biru—ungu atau dengan panjang gelombang berkisar antara 380 hingga 700 nm.

Cahaya dengan panjang gelombang antara 400–700 nm paling sesuai untuk proses fotosintesis. Perempuan berusia 57 tahun itu menuturkan, selama intensitas cahaya dari lampu bisa memenuhi kebutuhan tanaman, lampu mampu menggantikan peran matahari.

Namun, kebutuhan tanaman tidak hanya cahaya matahari, tetapi juga air, nutrisi, udara (atmosfer). Selain itu, pehobi harus memperhatikan jarak antara tanaman dan lampu agar “pasokan” cahaya optimal.

Sementara itu, menurut Dr. Deden Derajat Matra, S.P., M.Agr., Dosen di Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), jarak lampu disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kekuatan daya lampu.

Jika mata lampu grow light makin banyak, posisi dengan tanaman lumayan jauh tidak masalah.

“Kalau makin dekat, tanaman berisiko rusak karena kapasitas berlebihan,” kata doktor alumnus Tokyo University of Agriculture and Technology itu.

Namun, jika jumlah mata lampu sedikit atau cahayanya redup, jarak grow light dengan tanaman lebih dekat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img