Thursday, February 9, 2023

Pohon Trembesi Mampu Menahan Air Hujan

Rekomendasi

Trubus.id — Pohon trembesi bisa menyerap air hujan sehingga tanaman di bawahnya bisa tumbuh menghijau. Di daerah aliran sungai, dengan kemampuan menyerap air, rain tree—sebutan trembesi dalam bahasa Inggris—berpotensi mencegah longsor dan banjir.

Kehebatan trembesi menahan air hujan juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Maridi, M.Pd., Guru Besar Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah.

Tujuan penelitian itu menganalisis tanaman potensial di daerah aliran sungai (DAS) Samin. Samin merupakan salah satu DAS di Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo, keduanya di Jawa Tengah.

Samin juga merupakan bagian dari DAS Bengawan Solo yang termasuk dalam salah satu dari 282 DAS di Indonesia yang berada dalam kondisi kritis. Hasil penelitian Maridi dan rekan menunjukkan terdapat beberapa tanaman berkayu (pohon) yang memiliki important value index (IVI)—ukuran seberapa dominan suatu spesies dalam ekosistem tertentu—yang paling tinggi di DAS Samin.

Hasil analisis vegetasi menunjukkan, jenis pohon yang dominan di hulu dan daerah tengah adalah jati Tectona grandis (nama Latin jati). Adapun di daerah hilir adalah trembesi Samanea saman (nama Latin trembesi).

Menurut Maridi, pohon-pohon itu memiliki sistem perakaran yang besar dan kuat. Itu ditunjukkan dengan luas tajuk dan tinggi tanaman.

Luas tajuk di daerah hulu, tengah, dan hilir, masing-masing antara 31–430 m2, 102–470 m2, dan 79–320 m2. Sementara itu, tinggi tanaman 5,5–15,50 m, 3,38–11,25 m, dan 3,50–9,21 m.

Maridi menyatakan, tajuk pohon dapat menahan air hujan melalui beberapa mekanisme. Kanopi dapat menahan tetesan air hujan yang jatuh di atasnya, menahannya, baru melepaskannya di atas permukaan tanah.

Pohon trembesi ini mampu menyimpan sebagian besar air hujan sebagai air tanah. Dengan begitu, berpotensi untuk mengatasi kekeringan dan banjir.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img