Saturday, June 22, 2024

Tepat Pilih Bahan Baku Bikin Jamu Kekinian Tetap Lezat dan Berkhasiat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tepat memilih bahan baku herba kunci agar jamu berkhasiat dan cita rasa optimal. Menurut produsen jamu kekinian di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Intan Rahmaningtyas, mutu bahan baku berpengaruh terhadap mutu produk.

Produsen mesti menerapkan standar mutu tertentu demi menjaga mutu produk. “Bahan baku kami ambil langsung dari petani mitra di Jawa Tengah. Jadi, ada proses yang kami pantau juga,” kata Intan.

Ia mensyaratkan rimpang yang baru dipanen mesti dibersihkan dan dijemur terlebih dahulu untuk mengeringkan dari tanah basah yang masih menempel pada rimpang. “Setelah itu barulah masuk fase sortir,” kata pemilik Lestari Jamuku itu.

Intan menghendaki rimpang tidak berjamur seta bersih dari noda dan bercak hitam. Rimpang terlalu kering dan keriput juga kurang baik dijadikan bahan baku jamu. Ia menyarankan memilih rimpang dengan aroma khas atau kuat. Adapun jika dibelah warna rimpang cerah atau konsisten.

“Misal kunyit berwarna jingga cerah,” kata praktikus jamu sejak 2019 itu.

Herbalis di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sapto Waluyo menuturkan salah satu indikator mutu rimpang bisa dilihat dari warna daging saat dibelah. Contoh pilih temulawak yang hanya berwarna kuning pekat dan merata. Rimpang bermutu kurang optimal jika berwarna kuning pucat dan distribusi warna agak pekat hanya bagian dalam.

Lantas bagaimana memilih bahan baku herbal seperti daun dan bunga. Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 655 Juni 2024 mengupas tuntas Viral, Kafe Jamu Modern. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 655 Juni 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img