Monday, July 15, 2024

Tersihir Daun Keladi

Rekomendasi
- Advertisement -

Keladi baru tampil menawan, hasil silangan para pehobi di tanah air.

Nugrus Rudi Kristanto menyebut caladium hasil silangannya itu dengan nama 3D—dibaca tiga D atau tiga dimensi. Ia menyematkan nama itu lantaran corak daunnya menyerupai karya lukisan tiga dimensi dengan perpaduan warna yang unik. Bagian tepi daun terdapat lis berwarna hijau. Bagian tulang daun berwarna merah tua. Dari tulang daun tampak gradasi merah hingga merah muda.

Di permukaan daun juga bertabur corak berwarna putih. Warna daun tanaman kerabat keladi itu tampak seperti membentuk tiga lapisan warna yang bertumpuk sehingga memberi kesan tiga dimensi. Menurut Rudi ciri khas caladium hasil tangkarannya pada 2017 itu berpostur besar seperti caladium-caladium asal Florida, Amerika Serikat. Tangkai yang relatif besar menopang daun sehingga tampak kokoh menopang daun yang lebar.

Daun tebal

Keunggulan lain caladium 3D berbatang kokoh dan berdaun tebal. “Daun yang tebal biasanya lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit atau kondisi cuaca yang ekstrem,” tutur pehobi caladium asal Bogor, Jawa Barat, Febriadi Rahmatullah. Selain 3D, Rudi juga menghasilkan caladium anggur merah. Disebut demikian karena warna daun tanaman anggota famili Araceae itu seluruhnya berwarna merah. Meski nyaris tak memiliki zat hijau daun alias klorofil, anggur merah tetap tumbuh optimal.

Daun caladium anggur merah itu tebal dan batang daunnya kokoh. Keistimewaan lain batang daun pendek sehingga tanaman dapat tumbuh roset tanpa bantuan penopang batang. Ada juga caladium AC anjani yang berwarna daun dominan merah. Namun, pada AC anjani bertabur corak putih dan merah muda. Ciri khas anjani dapat dikenali dari tulang daunnya yang berwarna merah mentereng.

Asal Thailand

Caladium anggur merah.

Menurut kolektor caladium asal Kota Bogor, Djojohadi Haristiono Eko Putro, hingga kini caladium hibrida asal Thailand masih menjadi primadona para kolektor. Beberapa hibrida jenis lawas asal Thailand masih menjadi incaran para pehobi. Contohnya caladium tida sawan.

Saat ini beberapa kolektor kerap berburu langsung tanaman kerabat aglaonema itu ke para penangkar di Negeri Gajah Putih dan mendatangkannya ke tanah air. Di sana hibrida baru juga terus bermunculan. Salah satunya caladium hibrida koleksi Djojohadi yang masih belum bernama. Ciri khas caladium hibrida baru itu berwarna daun dominan hijau muda. Uniknya, pada beberapa daun terdapat corak putih seperti variegata. Salah satu daun bahkan dominan putih. “Harus ditunggu apakah corak putih itu stabil atau tidak,” tuturnya.

Aral Menyilangkan Keladi

Menurut Nugrus Rudi Kristanto untuk menghasilkan caladium-caladium silangan baru itu perlu waktu setidaknya dua tahun. Penyilang caladium asal Kota Semarang, Jawa Tengah, itu terpaksa menempuh jalan panjang lantaran begitu banyak aral menghadang. Ia mesti berulang-ulang menyerbuki karena kerap gagal membuahkan hasil. Begitu berhasil menjadi buah, tiba-tiba tongkol buah layu.

Caladium AC anjani.

Kadang-kadang hama menyerang dan melahap buah sebelum sukses membentuk biji. Saat berhasil menghasilkan biji, biji tak kunjung berkecambah ketika disemai dan malah membusuk. Rasa bahagia saat menyaksikan biji berkecambah pun terkadang berubah menjadi duka saat siput, ulat, ayam tetangga, melahap bibit-bibit belia. Duka berlanjut saat bibit yang selamat tumbuh berkarakter tak sesuai harapan. “Induk yang bagus belum tentu menghasilkan keturunan yang bagus,” ujar Rudi.

Itu berarti ia harus mengulang proses perkawinan silang dari awal. “Di sinilah kebesaran hati dan semangat penyilang diuji,” kata alumnus Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang itu. Namun, jerih payah itu terbayar saat berhasil melahirkan silangan baru yang sesuai harapan. Apalagi jika caladium yang dihasilkan tak kalah istimewa dibandingkan dengan caladium hibrida asal Thailand. (Imam Wiguna)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img