Tuesday, November 29, 2022

Trubus Agro Expo Wiladatika 2007 : Sang Prajurit Penakluk Kontes

Rekomendasi

Para juri sepakat halfmoon dasar gelap itu memang pantas meraih gelar bergengsi. Bentuk tubuhnya proporsional, simetris, dan bulat seperti koin. Warna biru gelapnya solid. Ketika sekat dibuka, ekor membuka overlap 180o, sirip atas dan bawah menjorok ke depan. Jika ditarik garis horizontal dari ekor ke mulut, sirip-sirip itu seperti 2 bayangan cermin. Siripnya seperti topi prajurit romawi, ujar Joty Atmadjaja, koordinator juri dari Jakarta.

Sebenarnya 2 lawannya-plakat kombinasi dan serit dwiwarna-maju dalam keadaan prima. Grand champion serit bahkan diunggulkan banyak orang untuk menjadi peraih gelar BOS. Andalan Betta Lavista dari Jakarta itu seritnya terlihat kaku dan rapi ketika ngedok. Warna tubuhnya pun merata, kombinasi merah dan biru. Toh, juri keburu tersihir oleh keanggunan sirip sang kampiun. Serit pun harus puas menerima gelar RBOS (reserve best of show).

Jalan panjang

Sang jawara sempat mendapat suara imbang dengan pesaingnya, grand champion halfmoon kombinasi. Penghuni akuarium nomor 220 itu berekor tebal. Warna kombinasi merah dan putih terlihat solid dan terang. Langkah andalan Cupangku itu harus terhenti karena ketika ngedok sirip atas kurang menjorok ke depan. Sirip dorsal kurang nendang, komentar Andree Gunawan, juri asal Bogor. Alasan lain, ia terlihat kurang agresif dibanding sang jawara.

Pertarungan di kategori plakat tak kalah menarik. Untuk mewakili di babak BOS, plakat kombinasi harus melawan 5 kampiun lain. Penghuni akuarium No. 92 itu menjadi grand champion setelah 2 juri memberikan suara kepadanya. Kampiun plakat kombinasi itu memang istimewa.

Ukuran tubuh besar dan warna kombinasi putih-merah di tubuhnya terlihat solid. Ketika sekat dibuka ekornya membuka lebih dari 180o. Sayang, andalan Eka Kurnia itu harus mengaku kalah menarik dibanding sang jawara.

Jakarta berjaya

Kontes guppy turut diselenggarakan bersamaan dengan cupang hias. Sebanyak 22 peserta turun bertarung di 6 kelas. Grand champion guppy solid dikukuhkan menjadi BOS. Saingannya, bicolor milik Fantasy Aquatic harus mengakui keunggulan andalan Suryo Subroto itu. Warnanya kompak dan seragam, bukaan ekornya penuh, komentar Toni Hidayat, juri dari Jakarta.

Kontes cupang Trubus Agro Expo Wiladatika 2007 terselenggara berkat kerjasama Trubus dengan Indo Betta Splenders (InBS). Animo peserta cukup besar, tercatat 245 cupang bertarung untuk merebut gelar juara di 21 kategori. Peserta berasal dari Jakarta, Bogor, Karawang, Lampung, Pekalongan, dan Semarang, kata Rahman, panitia kontes. Jakarta berjaya dengan memborong perolehan gelar juara. Ricky Senjaya dinobatkan menjadi juara umum setelah andalannya berhasil memborong 4 grand champion. (Andretha Helmina)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img