Thursday, February 9, 2023

Wahana Edukasi Baru di Kebun Raya Bogor

Rekomendasi

Trubus.id — Kebun Raya Bogor merupakan laboratorium riset alam flora di Indonesia. Kebun Raya Bogor semakin menarik dengan keberadaan wahana edukasi Taman Nepenthes. Di taman itu terdapat 57 spesies nepenthes yang berasal dari dataran rendah basah seluruh Indonesia yang menjadi koleksi Kebun Raya tertua di Indonesia ini. 

Laksana Tri Handoko, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengatakan, sebanyak 70 persen koleksi nepenthes dunia ada di Indonesia sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikannya.

“Keberadaannya juga dapat menjadi wahana edukasi bagi kita,” kata Handoko, saat mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Lebih lanjut, Handoko menyebut keberadaan wahana edukasi ini bisa menjadi ajang untuk riset botani tidak hanya untuk periset di Indonesia, tetapi juga menjadi sarana edukasi para generasi muda untuk mengenal kantong semar. 

“Ke depannya diharapkan para periset mampu melakukan perbanyakan sehingga menjadi komoditas yang benilai ekonomi bagi masyarakat,” jelasnya, dilansir dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Senada dengan Kepala BRIN, Ery Erlangga, Komisaris Utama PT MNR, mengatakan, dengan adanya wahana edukasi ini menginspirasi para pelajar atau mahasiswa datang untuk mempelajari tanaman ini.

Sebagai informasi, nepenthes merupakan tumbuhan karnivora asli Indonesia yang dapat memakan serangga. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri daun dengan sulur di ujung daunnya yang termodifikasi menjadi kantung.

Bentuk kantong menyerupai bentuk labu dengan bagian ujung yang membesar. Kantong semar memiliki corak dan motif yang bervariasi dengan warna-warna cerah yang akan menarik mangsa, seperti serangga untuk mendekat.

Terdapat beberapa jenis nepenthes yang dilestarikan di dalam Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes × hookeriana, Nepenthes sumatrana, dan Nepenthes rafflesiana. Taman ini dilengkapi dengan narasi-narasi sebagai penunjang sisi edukasi bagi pengunjung.

Selain itu, untuk mengikuti tren digital saat ini, pengunjung juga dapat melakukan scanQR code untuk mendapatkan penjelasan edukatif tentang Taman Nepenthes ini.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Limbah Tandan Kelapa Sawit Diolah Menjadi Bahan Baku Fashion

Trubus.id — Indonesia, produsen sekaligus eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), produksi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img