Tuesday, February 27, 2024

Aneka Olahan Cabai, Penyelamat saat Harga Anjlok

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Cabai bisa diolah menjadi beragam produk. Selain awet, inovasi aneka produk olahan cabai bisa meningkatkan nilai tambah, sekaligus penyelamat saat harga anjlok. Produk olahan cabai di antaranya cabai blok, keripik, dan minyak cabai.

Minyak cabai

Di tangan Ira Mulyawanti, S.T.P., M.Si., saat menjadi peneliti di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), cabai diolah menjadi minyak cabai.

Ira memanfaatkan cabai yang mengandung kapsaisin— zat yang menimbulkan sensasi pedas. Zat kapsaisin larut dalam lemak. Itulah sebabnya, minyak tetap pedas. Ekstraksi yang digunakan juga tidak murni. Artinya, masih menyisakan ampas yang bisa juga digunakan sebagai bumbu masak. Jadi, tidak ada bahan yang terbuang.

Cabai blok

Selain minyak cabai, olahan lain berupa cabai blok. Cabai blok inovasi dari Ira dan tim peneliti BB Pascapanen. Inovasi cabai blok bermula dari ide penggunaan bumbu masakan yang praktis.

Masyarakat tinggal memasukkan cabai blok ke masakan. Dalam sekejap, aroma dan sensasi pedas dapat dinikmati. Menurut Ira, pengolahan cabai blok relatif mudah, bisa diterapkan pada skala rumah tangga.

Keripik cabai

Olahan cabai yang “tak lazim” selanjutnya adalah keripik. Anju Hasiholan Daniel Pasaribu mengolah cabai menjadi camilan dengan nama Momchips. Anju yang menjadi Chief Executive Officer PT Arjuna Citra Indonesia itu mengolah cabai menjadi keripik.

Ia pun girang ternyata masyarakat menerima keripik cabai. Menurutnya, keripik cabai banyak disenangi oleh konsumen berusia 18–30 tahun. Haslinya, ia mendapatkan penghasilan dari olahan keripik cabai.

Anda bisa membaca lebih lanjut terkait inovasi produk olahan cabai di Majalah Trubus Edisi 635 Oktober 2022. Di edisi tersebut Majalah Trubus mengupas tuntas topik olahan cabai seperti minyak cabai, cabai blok, dan keripik cabai. Bahkan, detail cara pembuatan telah diulas secara lengkap.

Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 635 Oktober 2022 di Trubus Online Shop atau melalui WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Konsumsi Jamur dari Hasil Budidaya Organik

Trubus.id— Prinsip dasar pertanian atau budidaya jamur organik memang meminimalkan penggunaan bahan dari luar lingkungan seperti penambahan zat tumbuh...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img