Saturday, May 18, 2024

Anggrek Baru Rajin Berbunga dan Tahan Lama

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Anggrek Rhyncholaeliocattleya (Rlc.) Sweet Heart karya Dedek Setia Santoso berpenampilan seronok. Anggrek itu memiliki warna bunga yang bervariasi.

Warna itu mulai dari bunga berkelir kuning dengan lidah merah, bunga merah muda dengan lidah merah, dan jingga berlidah merah. Ia menyilangkan anggrek Rhyncholaeliocattleya Maryam dengan Cattleya violacea untuk menghasilkan Rlc. Sweet Heart.

Penyilang anggrek di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, itu mengombinasikan dua gen anggrek unggul itu untuk menghasilkan anggrek Rlc. baru yang lebih unggul dari kedua tetuanya.

Dedek mengombinasikan dua anggrek itu sejak 2018 bukan tanpa alasan. “Rlc. Maryam unggul dari jumlah kuntum bunga yang banyak, rajin berbunga, dan aromanya wangi. Dalam setahun anggrek itu bisa berbunga 2—3 kali,” kata Dedek.

Sementara keunggulan C.violacea dari segi warna bunga yang kontras dan berbunga tebal. Ia menggunakan C.violacea semi alba dengan bunga sepal petal putih dan labelum merah.

C.violacea merupakan anggrek spesies dari benua Amerika yang wangi, bunga tebal, dan berbunga serempak. Anggrek itu juga berwarna bunga kontras, mudah beranak atau rimbun, dan daya adaptasi bagus.

Dua kombinasi itu melahirkan Rlc. Sweet Heart yang memiliki warna bunga bervariasi. Kuntum bunga Rlc. Sweet Heart juga banyak, lebih cepat berbunga, harum, dan lebih adaptif. Anggrek yang dirilis pada 29 November 2022 itu berbunga tiga kali setahun dan bunganya bertahan 10 hari.

“Saya berharap Rlc. Sweet Heart bisa digunakan sebagai induk untuk menghasilkan silangan baru. Selain itu bisa diperbanyak secara massal untuk dipasarkan dan dikenal banyak orang,” kata Dedek.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img