Buat Pestisida Keluak: Ampuh Basmi Hama Ulat Grayak Hingga Ulat Kubis

0
Kluwak dapat menjadi bahan pestisida. (Dok. Trubus)

Trubus.id—Keluak atau buah kepayang lazimnya menjadi pelezat bumbu rawon. Namun tanaman famili  Flacourtiaceae itu dapat menjadi bahan pestisida. Penelitian Ir. Syaiful Asikin dan rekan membuktikan keluak efektif sebagai pestisida.

Penelitian di sentra bayam dan sawi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, yang tengah mengalami serangan belalang, ulat grayak Spodoptera litura, dan ulat kubis Plutella xylostella. Di sentra seluas 30 ha itu areal yang tidak dikendalikan pesitisida mengalami kerusakan hingga 80%.

Dengan menyemprotkan 500 l ekstrak daun kepayang 1 kali seminggu areal tanam rusak hanya 10—15%. Itu setara dengan pengendalian pestisida sintetis berbahan aktif deltametrin atau pestisida nabati mimba Azachdirata indica.

Dari berbagai percobaan itu senyawa aktif kepayang—asam sianida dan piretrin mematikan hama dengan menyerang pusat saraf bila terhirup dan tertelan. Piretrin bekerja cepat membuat pingsan serangga. Namun, sebagian besar serangga biasanya bangun kembali setelah sempoyongan beberapa saat.

Banyak serangga mampu menguraikan dan menetralisir piretrin dengan cepat melalui proses metabolisme dalam tubuhnya. Toh, serangga takluk karena tak mampu mengurai asam sianida yang lebih kuat.

Daya bunuh kepayang melonjak setelah berpadu dengan kirinyu Chromolaena odorata dan bintaro Cerbera odollam. Pencampuran membuat pestisida nabati itu mematikan serangga seperti belalang, ulat grayak, dan ulat jengkal hingga 95%. Campuran ketiganya kini sudah dipatenkan Indonesia atas nama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Pestisida Buah Kepayang

  1. Tumbuk atau remas hingga hancur sebanyak 250—300 g daun kepayang.
  2. Campur dengan 10 liter air dan 10 g detergen kemudian endapkan sehari semalam.
  3. Saring cairan dengan kain.
  4. Siap dilarutkan dengan dosis 500 liter per ha.