Tuesday, February 27, 2024

Beragam Faktor yang Memengaruhi Tingkat Keindahan Warna Ikan Maskoki

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Salah satu keindahan pada ikan maskoki adalah karena warna tubuhnya. Sayangnya, untuk mendapatkan warna maskoki yang bagus ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan indukan hingga pemberian pakan.

Warna maskoki

Faktor yang memengaruhi warna maskoki di antaranya bergantung pada kualitas indukan yang digunakan. Jika indukan bagus, kemungkinan besar anakan yang dihasilkan juga bagus. Hal ini karena mengikuti karakter dari sang induk.

Selanjutnya, kualitas air. Pehobi tidak bisa asal dengan kualitas air. Hal ini karena air merupakan tempat hidup bagi maskoki. Maskoki membutuhkan suhu 24–28°C, pH netral, dan sistem pengairan yang baik.

Pakan maskoki

Memang kalau berbicara perihal pakan, pasti setiap pehobi maskoki mempunyai resep tersendiri untuk membuat warna tubuh maskoki bagus. Meskipun begitu, Anda bisa memberi pakan maskoki dengan campuran kepala udang laut (kering), tepung terigu, bungkil kedelai, tepung ikan, dan sun chorella (ganggang hijau dalam bentuk tepung).

Tiap bahan diambil sebanyak 1 ons, kemudian ditambah vitamin B kompleks dan gula secukupnya. Semua bahan tadi dicampur dan dicetak, kemudian dijemur kering. Pada saat penjemuran semprotkan vitamin E menggunakan sprayer, lalu angin-anginkan selama 2 jam. Pakan siap digunakan.

Sementara itu, untuk anakan maskoki, Anda bisa memberikan cacing darah, kroto, dan jentik nyamuk yang masih hidup.

Poin pentingnya, warna tubuh maskoki tidak hanya dipengaruhi oleh jenis pakan. Akan tetapi, sangat berkaitan juga dengan tempat pemeliharaan, suhu, sistem pengairan, pH, dan oksigen.

Kolam ideal

Pada kolam pembesaran, tinggi kolam ideal untuk ikan maskoki maksimum 30–40 cm. Sementara itu, untuk populasi benih bergantung pada kandungan oksigen terlarut. Semakin banyak kandungan oksigen terlarut, semakin banyak benih bisa ditebar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Konsumsi Jamur dari Hasil Budidaya Organik

Trubus.id— Prinsip dasar pertanian atau budidaya jamur organik memang meminimalkan penggunaan bahan dari luar lingkungan seperti penambahan zat tumbuh...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img