Saturday, June 22, 2024

Bermula dari Taman

Rekomendasi
- Advertisement -

 

Heri Syaefudin membuat taman di sekitar situ sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

Situ Pengasinan di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, tampak begitu asri. Pengunjung dapat menyusuri jalan paving blok yang mengelilingi situ. Air telaga tak lagi beraroma tak sedap menyengat. Beberapa pengunjung berteduh di bawah rindangnya pepohonan seperti ketapang, bintaro, dan kersen yang tumbuh di tepi situ. Di sana para pengunjung juga bisa belanja tanaman hias yang dijajakan lapak-lapak tanaman hias di sekitar telaga.

Heri Syaefudin, membangun taman dan memberdayakan masyarakat di sekitar Situ Pengasinan, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Itu jauh lebih nyaman dibandingkan dengan kondisi pada 2003. Saat itu situ nyaris berubah menjadi empang dan sawah akibat pendangkalan. Di beberapa bagian juga tampak semak belukar lantaran tidak terurus. Salah satu perusahaan pengembang malah berencana menguruk situ menjadi kawasan perumahan. Walikota Depok pada 2003, Badrul Kamal, menaruh perhatian khusus terhadap fungsi situ.

Ia memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum mengeruk sehingga Situ Pengasinan kembali berfungsi. Badrul juga melarang masyarakat membangun bangunan permanen di radius 50 meter dari situ.

Membuat taman

Upaya normalisasi situ itu membuat warga yang semula beternak ikan dan menanam padi kehilangan pendapatannya. Itulah sebabnya Heri terdorong untuk memberdayakan mereka dengan berniaga tanaman hias. Kondisi itu menggerakkan Heri Syaefudin untuk memperbaiki situ seluas 6 hektare itu. Heri berupaya memberdayakan masyarakat di sekitar situ dengan menjadi petani tanaman hias.

Bagi warga di sana usaha tanaman hias sebetulnya bukan perkara baru. Di sana sudah ada beberapa warga yang menjadi pedagang tanaman hias. “Namun, jenisnya tidak bervariasi, hanya palem dan rumput-rumputan,” tutur Hari. Pria berusia 50 tahun itu membeli lahan seluas 3.000 m² di tepi Situ Pengasinan pada 2004. Lahan itu semula dipenuhi semak belukar. Berbekal pengetahuannya di bidang lanskap, Heri menyulap lahan yang dibelinya menjadi taman.

Kolam ikan di tengah taman.

Alumnus Akademi Arsitektur Lanskap Jakarta itu membangun taman yang sedap dipandang. Areal taman menjadi bagian dari lanskap situ. Di sana Heri juga membangun kolam ikan dan menanam aneka jenis tanaman hias seperti palem-paleman, philodendron, dan pandan-pandanan, serta rerumputan nan hijau. Beberapa di antaranya tergolong tanaman langka, seperti baobab Adansonia digitata. Selain menghias taman, ia juga menjual aneka tanaman hias antara lain dracaena, aglaonema, philodendron, dan anthurium. Heri lalu merangkul warga Kelurahan Pengasinan untuk menjadi petani tanaman hias.

Selain untuk memasok kebutuhan penjualan tanaman hias Heri, mereka juga bisa menjual sendiri. Namun, mereka enggan mengikuti ajakan Heri. Penolakan warga tak membuat Heri patah arang. Ia terus mempercantik taman dan berupaya menarik para pehobi tanaman hias bertandang ke kebunnya.

Petani tanaman hias

Para pengunjung dapat mengelilingi situ dan bersantai di tepi danau.

Lambat laun sepak tejang Hari mulai membuahkan hasil. Tanaman hias dari kebunnya laris manis. Banyak pengunjung situ yang membelinya. Situ Pengasinan menjadi tempat tujuan wisata bagi warga.

Setelah melihat kesuksesan Heri mengembangkan tanaman hias, barulah warga berbondong-bondong mengikuti jejaknya. Sampai akhir 2006 setidaknya ada 500 warga asal Kelurahan Pengasinan dan kelurahan lain di Kecamatan Sawangan menjadi petani tanaman hias. Mereka tergabung dalam tujuh kelompok tani dan koperasi. Heri bangga cita-citanya memberdayakan masyarakat di sekitar Situ Pengasinan dan Sawangan akhirnya terwujud. Tingkat ekonomi masyarakat perlahan mulai terdongkrak. (Imam Wiguna)

Previous article
Next article
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Ingin Tanam Alpukat? Catat Jenis Alpukat Menurut Permintaan Pasar

Trubus.id—Alpukat premium menjadi incaran pasar. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama Vendi Tri Suseno, S.T.P., kriteria alpukat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img