Wednesday, February 1, 2023

Biocyclo Farming, Inovasi dari IPB untuk Mengatasi Permasalahan Sampah

Rekomendasi

Trubus.id — Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan inovasi Biocyclo Farming untuk mengurangi sampah domestik sekaligus mendukung ketahanan pangan keluarga. Bahkan, beberapa desa di Majalengka, Indramayu dan Bekasi banyak yang sukses menerapkan Biocyclo Farming.

Menurut Adi Firmansyah, peneliti pada Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, permasalahan sampah menjadi isu sensitif dan berpotensi menjadi sumber konflik di masyarakat.

“Hasil penelitian kami menyebutkan bahwa proses pemberdayaan dengan inovasi Biocyclo Farming ternyata efektif menghasilkan berbagai perubahan, baik di tingkat individu maupun masyarakat,” kata Adi seperti dilansir dari laman IPB University.

Menurutnya, perubahan pada tingkat individu adalah perubahan perilaku, termasuk pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat dalam adopsi inovasi Biocyclo Farming. Perubahan di tingkat masyarakat adalah penggunaan berbagai praktik baru di masyarakat. Seperti penerapan inovasi Biocyclo Farming di pekarangan dan pemanfaatan pekarangan untuk menghasilkan komoditas pangan.

Kunci keberhasilan pemberdayaan tersebut terletak pada pendekatan dialog dan komunikasi konvergen yang melibatkan fasilitator pemberdaya. Dengan demikian, menjadi kondusif untuk menghasilkan transformasi sosial.

Lebih lanjut, Adi mengatakan, penerapan Biocyclo Farming ini penting karena terbukti mampu mengatasi permasalahan sampah rumah tangga sekaligus mendukung ketahanan pangan keluarga.

Upaya pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat agar mau mengelola sampah dari sumbernya, yakni rumah tangga.

Adi menjelaskan, Biocyclo Farming biasa dikenal sebagai sistem pertanian organik terpadu. Praktik pertanian yang memanfaatkan siklus biologis. Sistem ini mengintegrasikan dan memanfaatkan limbah sebagai input kegiatan pertanian.

Adi berharap inovasi pemberdayaan berbasis Biocyclo Farming ini dapat dilakukan di wilayah lainnya agar menjadi gerakan bersama atau collective action dalam pengelolaan sampah. Melalui pendekatan ini, Adi optimis permasalahan sampah di Indonesia dapat diatasi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terbukti Ilmiah! Daun-Daun Ini Jadi Musuh Berbagai Penyakit

Trubus.id — Seringkali bagian tanaman seperti daun yang kita anggap tak berguna malah menyimpan manfaat yang luar biasa. Berikut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img