Sunday, August 14, 2022

Buahkan Leci Dataran Rendah ala Thailand

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Jaring pembatas dengan jalanan
Jaring pembatas dengan jalanan

Pekebun di Thailand menggunakan bibit leci asal cangkok, yang berbuah dalam 3—4 tahun. Umur 5 tahun, produksi meningkat jadi 25 kg per pohon. Jumlah itu terus meningkat menjadi 100—300 kg pada umur produksi di atas 10 tahun. Jika ditanam dari biji butuh waktu 6—10 tahun. Bibit ditanam pada bedengan yang terpisah parit sedalam 1,2 m. Jarak tanam minimal 8 m x 8 m agar saat dewasa dahannya tidak saling bersinggungan. Pohon yang ternaungi  produktivitasnya menurun.

Agar produksi buah optimal, pekebun membenamkan 30 kg pupuk kandang per pohon di awal penanaman. Dilanjutkan pemupukan rutin setiap 6 bulan dengan 5 kg NPK 16:16:16 dan 50 kgpupuk kandang asal kotoran ayam per pohon. Pupuk kimia disemprotkan ke permukaan daun tanaman. Dosis itu untuk masa pertumbuhan vegetatif tanaman. Setelah memasuki umur produksi, jenis pupuk dan frekuensi pemupukan diubah. Leci di Samut Songkhram biasanya berbunga sekitar November dan Desember. Sebulan sebelum masa berbunga pekebun menyemprotkan NPK dengan perbandingan P dan K besar, seperti 8:24:24. Itu untuk merangsang bunga keluar. Ketika bunga menjadi pentil buah, pupuk NPK diberikan lagi. Hanya saja yang digunakan NPK ber-K tinggi, contohnya 13:13:21. Kalium tinggi membuat buah cepat besar dan rasanya lebih manis. Perlakuan itu diulangi 7 hari setelah pemberian pertama.

Setelah panen, dilakukan pemangkasan. Dahan-dahan yang saling bersentuhan dipotong, sehingga sinar matahari leluasa masuk ke dalam tajuk. Selain itu pemangkasan rutin membuat tajuk pohon tetap pendek. Dengan perawatan seperti itu, setiap tahun pekebun menuai buah. Tentunya dengan prasyarat, udara dingin di bawah 20° pada malam hari selama minimal satu minggu terpenuhi.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img