Wednesday, April 24, 2024

Budidaya Stroberi Premium : Hasilkan Buah Besar dan Manis

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Hasil panen stroberi premium di Agrowisata Amanah di Kelurahan Karang Wetan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah itu berukuran besar dan manis.

Stroberi produksi kebun di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (m dpl) itu berbobot 25—30 gram per buah. Bandingkan dengan bobot stroberi lainnya yang hanya 10—13 gram per buah.

Stroberi di Agrowisata Amanah juga bercita rasa manis karena memiliki kadar kemanisan 11—12,5obrix. Sementara tingkat kemanisan stroberi lainnya 7—9obrix. Kedua keunggulan itu menjadi pemikat pengunjung yang menginginkan buah stroberi bercitarasa manis dan berukuran besar.

Itulah keunggulan buah stroberi varietas saga honoka asal Jepang hasil penanaman di Agrowisata Amanah. Ketersediaan stroberi unggul di Agrowisata Amanah itu hampir sepanjang tahun. Dengan begitu pengunjung tidak perlu menunggu musim berbuah.

Ahli pertanian modern di Agrowisata Amanah, Wahyu Hidayat S.P., mengatur waktu panen di setiap bedengan sehingga panen stroberi berkelanjutan. Produktivitas stroberi di sana 7—8 kg buah per tanaman per tahun.

Untuk menjaga keberlanjutan produksi buah, pemanenan bergantian setiap 2 bedeng. Perpaduan varietas dan perawatan intensif menghasilkan buah stroberi berkualitas jempolan. Wahyu menanam sogo hanoka dalam rumah tanam (greenhouse) berkerangka bambu.

Rumah tanam seluas 150 m2 itu menampung 8.000 stroberi. Total jenderal terdapat 16.000 tanaman stroberi yang tumbuh subur mengisi 2 rumah tanam. Wahyu menanam stroberi sejak 2020. Pemilihan bibit juga merupakan salah satu kunci menghasilkan buah stroberi yang prima.

Stolon berumur minimal 2 bulan dan sehat (akar berwarna kemerahan) merupakan ciri stolon yang siap dibibitkan. Jika akar bibit memiliki panjang sekitar 1 cm, Wahyu memindahkan bibit ke polibag berdiameter 35 cm untuk penanaman.

Ia menggunakan media tanam berupa campuran serbuk sabut kelapa dan sekam dengan perbandingan 1:2. Wahyu juga mencampurkan 100 g pupuk kotoran kambing dan 10—20 gram dolomit dalam tiap media tanam.

Untuk menyediakan nutrisi pada tanaman, pemberian pupuk organik dengan kandungan asam humat diaplikasikan sepekan setelah tanam dengan dosis 2 ml/ liter/polibag. Ia juga memberikan pupuk mengandung asam amino 7 hari sekali dan pupuk cair berisi kalsium (Ca) setelah tanaman muncul bunga. Dosis masing-masing pupuk sama yaitu 2 ml/liter/polibag.

Pembuangan daun tua (pruning) rutin dilakukan satu pekan sekali untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Wahyu juga memberikan 4—5 kapur barus di setiap sisi rumah tanam untuk pengendalian kutu kebul dan ulat tanah. Aplikasi insektisida berbahan aktif abamektin sebanyak 0,5 ml/liter air pada 15 hari setelah tanam juga salah satu pencegahan mengindari hama tanaman stroberi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Lirik Potensi Briket untuk Shisha, Tom Cococha Baru penuhi 40% Permintaan dari Mancanegara

Trubus.id—Potensi briket arang kelapa kian menggeliat. Direktur Utama PT Tom Cococha Indonesia, Asep Jembar Mulyana, menuturkan briket arang kelapa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img